Bahan Peledak Teroris Majalengka Lebih Dahsyat dari Bom Bali

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:16 WIB
terorisme
Bahan Peledak Teroris Majalengka Lebih Dahsyat dari Bom Bali
Kombes Rikwanto menunjukkan bukti bahan peledak milik RPW. Antara Foto/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Densus 88 menangkap terduga teroris berinisial RPW asal Majalengka. Polisi menemukan bahan baku bom berdaya ledak tinggi dari RPW.

"Ini adalah kunci, kalau dia berhasil, akan menciptakan (bom) yang lebih besar, bisa satu mobil, satu truk bisa," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Kombes Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2016).

Bahkan, lanjut Rikwanto, jika semua bahan peledak dan senyawa kimia yang disita diracik menjadi bom, daya ledaknya berkali lipat dari daya ledak bom Bali I dan bom Bali II.

Senyawa TNT yang disita dari RPW bisa menghasilkan ledakan dua setengah kali kekuatan bom Bali I dan II. Senyawa RDX bisa dua setengah kali kekuatan bom bali. Dan senyawa HMTD bisa mencapai dua kali kekuatan bom Bali.

"Kami sudah lakukan penelitian. Bom yang digunakan oleh dr. Azhari di Bali sudah diuji kekuatanya. Kami bandingkan (bahan bom milik RPW) dengan data di lab kekuatanya bisa berlipat," tutup Rikwanto.

RPW ditangkap di Desa Girimulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Diduga, RPW dalam jaringan teroris Bahrun Naim.

RPW terancam dikenakan Undang-Undang tentang Terorisme, yaitu melakukan pemufakatan jahat dengan melawan hukum membuat, menyimpan, dan menguasai bahan peledak dengan maksud akan digunakan untuk tindak pidana terorisme.


(TRK)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

44 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA