Ketua Pansel Komnas HAM: Calon dari Ormas Punya Kesempatan Sama

Damar Iradat    •    Rabu, 17 May 2017 21:27 WIB
komnas ham
Ketua Pansel Komnas HAM: Calon dari Ormas Punya Kesempatan Sama
Ketua Pansel Calon Anggota Komas HAM Periode 2017-2022, Jimly Asshiddiqie (tengah) didampingi para anggota pansel dari kiri Zoemrotin Susilo, Harkristuti Harkrisnowo, Siti Mudah Mulia, dan Makarim Wibisono, mengumumkan hasil seleksi tahap II calon anggota

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM Jimly Asshiddiqie mengaku tidak mempersoalkan adanya salah satu calon komisioner dari ormas FPI. Salah satu calon merupakan Ketua Tim Advokasi FPI Jawa Tengah, Zainal Abidin Petir.

Jimly menjelaskan, Pansel mencari sosok yang memiliki kemampuan serta integritas. Pansel juga bakal bersikap adil kepada setiap calon komisioner.

"Kalau dia dari Ormas ya, nggak apa-apa, kita harus perlakukan adil. Kita harus lihat integritasnya juga," Kata Jimly di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Mei 2017.

Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi itu melanjutkan, Pansel juga akan menelusuri rekam jejak para calon. Sehingga, jika dalam penelusuran tidak memenuhi syarat, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak layak menduduki kursi pimpinan di Komnas HAM.

"Nanti kita cek, kalau memang tidak memenuhi syarat ya tidak lolos. Makanya ini ada trackingnya, di forum juga ada klarifikasi," beber dia.

Zainal Abidin merupakan satu dari 60 orang yang lulus tahap kedua calon komisioner Komnas HAM. Ia berhak mengikuti agenda uji publik yang diselenggarakan pada Rabu, 17 Mei 2017 dan Kamis, 18 Mei 2017.

Dari jadwal yang diterima Metrotvnews.com, Zainal bakal mengikuti uji publik pada Kamis, 18 Mei 2017. Dia masuk dalam kelompok 8 bersama Teguh Pujianto Nugroho, Siti Noor Laila, Wachid Ridwan, Wahyu Effendy, Hairansyah, Antonio Pradjasto Hardojo, dan Aida Milasari.


(REN)