Pembubaran Ormas Anti Pancasila Kedepankan Asas Efektifitas

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 13 Jun 2017 02:52 WIB
pembubaran hti
Pembubaran Ormas Anti Pancasila Kedepankan Asas Efektifitas
Jaksa Agung M. Prasetyo/MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Dasar hukum pembubaran organisasi masyarakat (ormas) anti pancasila sedang dikaji oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Prinsipnya kesegeraan untuk membubarkan ormas dikedepankan.

"Kami inginnya lebih cepat dan lebih efektif," kata Jaksa Agung M Prasetyo di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin 12 Juni 2017.

Ditanya mengenai desain tahapan pembubaran, apakah melalui Perppu atau pengadilan Prasetyo tak ingin membocorkannya ke publik. Pihaknya sebagai jaksa negara hanya akan mematuhi prosedur saja.

Yang jelas strategi pembubaran tengah difinalisasi. Ia menyebut saat pemerintah ingin mengedepankan efektifitas, ada beberapa pilihan yang menjadi pertimbangan.

"Tentunya ada beberapa opsi yang akan dipertimbangkan," sebutnya.

Sebelumnya, Menkopolhukam Wiranto tak mau mengungkapkan langkah yang diambil untuk membubarkan organisasi masyarakat (ormas) yang anti-Pancasila. Apakah pembubaran melalui jalur pengadilan atau membuat payung hukum masih belum bisa diungkapkan.
 
"Tidak usah Anda tanya bagaimana caranya, dengan cara apa. Nanti saat dilaksanakan ada penjelasan yang rasional, konstitusional, tidak melawan hukum. Sabar saja," kata Menkopolhukam Wiranto di Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Senin 12 Juni 2017.
 
Menurut dia, pembubaran ormas anti-Pancasila adalah suatu keniscayaan. Mau tidak mau, pemerintah akan menyelesaikannya. Namun, dia tak bisa menjanjikan kapan pembubaran ini akan selesai.
 
"Soal kapan, dengan cara apa, tunggu saja. Langkahnya enggak bisa dibincangkan dulu," papar dia.


(LDS)