ABN Jadi Mitra Polri Menjaga NKRI dan Pancasila

M Sholahadhin Azhar    •    Minggu, 16 Jul 2017 15:35 WIB
partai nasdem
ABN Jadi Mitra Polri Menjaga NKRI dan Pancasila
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: MTVN/Lukman Diah Sari).

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem membentuk Akademi Bela Negara (ABN) untuk mengimpelementasikan program bela negara. Polri melihat hal itu sebagai dukungan penuh partai politik (parpol) kepada pemerintah dan polisi.

"Dari sudut pandang Polri, itu (ABN) adalah mitra penting dalam rangka menjaga NKRI dan ideologi Pancasila," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian usai menghadiri peresmian ABN NasDem di Jakarta Selatan, Minggu 16 Juli 2017.

(Baca: ABN, Cara NasDem Merawat Indonesia)

Mantan Kadensus 88 itu melihat saat ini nilai-nilai Pancasila cenderung dilupakan. Kondisi tersebut rentan karena bisa menjadi celah bagi ideologi lain menyusup masuk menggantikan Pancasila.

Sementara ideologi radikal atau ideologi kekinian lainnya, sebut Tito, belum tentu cocok untuk diimplementasikan di Tanah Air. Pancasila sudah teruji sebagai ideologi yang paling pas diterapkan untuk negara yang majemuk seperti Indonesia.

"Oleh karena itu upaya-upaya membangkitkan dan menggelorakan, mengintensifkan ideologi Pancasila, itu hal yang patut didukung," tegas Tito.

(Baca: Pemerintah tak Tinggal Diam Menghadapi Penolak Pancasila)

Soal menjaga Pancasila, Polri berada di garda terdepan bersama unsur dan partai politik mana pun. Segala elemen yang berupaya menggelorakan Pancasila, meningkatkan sosialisasi dan praktiknya, harus didukung.

"Untuk menghadapi gempuran ideologi lain, Polri akan bergandengan tangan dengan unsur itu," tutup Tito.

Presiden Joko Widodo meresmikan fasilitas ABN Partai NasDem. Dalam kesempatan itu Presiden memuji inisiatif Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, dan berharap langkah ini diikuti parpol lainnya.




(HUS)