Made Oka Mendadak Pikun Ditanya Soal Johannes Maeliem

Faisal Abdalla    •    Rabu, 14 Mar 2018 18:40 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Made Oka Mendadak Pikun Ditanya Soal Johannes Maeliem
Pemilik PT OEM Investment Made Oka Masagung - ANT/Sigid Kurniawan.

Jakarta: Pemilik PT OEM Investment Made Oka Masagung mendadak pikun ketika ditanya Jaksa pada KPK terkait aliran uang dari pemilik Biomorf Mauritus Johannes Marliem. Made Oka dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Setya Novanto. 

"Saudara tahu ada uang masuk sebesar USD1,7 juta dari Biomorf, sehari setelah itu uangnya keluar. Kepada siapa?," tanya Jaksa KPK kepada Made Oka di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Maret 2018. 

Made mengakui ada aliran uang dari Biomorf sebesar USD1.799.842. Namun ia tak bisa menjelaskan untuk apa uang itu, dan kepada siapa uang itu dialirkan setelahnya. 

"Saya tidak ingat yang mulia," jawab Made Oka. 

Jaksa heran terhadap kesaksian Made Oka yang mengaku tak tahu untuk keperluan apa Biomorf mentransfer uang tersebut ke perusahaan Made Oka. Pasalnya, PT OEM Investment tak memiliki hubungan kerja dengan Biomorf. 

"Aneh ya. Tiba-tiba Biomorf kirim duit ke saudara, lalu saudara enggak tanya. Ini logika saja ya ada orang kirim uang USD2 juta, enggak ada hubungan kerja, pasti kita akan tanya ini uang apa," kata Jaksa. 

(Baca juga: Irvanto Bantah Bagi-bagi Uang KTP-el Pakai Kode Miras)

Tersangka baru dalam kasus korupsi KTP-el itu bersikukuh telah memberikan keterangan semampu yang dia bisa ingat. 

"Bukan semampunya itu. Kalau ada uang USD2 juta masuk Anda enggak tahu itu bukan seadanya. Tapi Anda enggak mau memberikan keterangan," kata Jaksa. 

Jaksa lantas mengingatkan Made Oka bahwa pertanggungjawaban uang tersebut akan dibebankan kepadanya jika Jaksa bisa membuktikan aliran uang dari Biomorf ke perusahannya terkait proyek KTP-el di perkaranya. 

(Baca juga: Made Oka tak Tahu Uang USD1,7 Juta di Rekeningnya Terkait Korupsi KTP-el)

"Saudara kan sudah ditetapkan tersangka. Kalau benar aliran itu dari KTP-el. Kalau jaksa bisa membuktikan di perkara saudara nanti, maka penggantinya akan dibebankan kepada saudara," tukas Jaksa

Made Oka Masagung sebagai pemilik PT Delta Energy diduga menggunakan perusahaannya untuk menampung uang Novanto dengan rincian melalui PT OEM Investment dan Biomorf Mauritius menerima USD1,8 juta dan melalui rekening PT Delta Energy USD2 juta.




(REN)