Kejagung Pecat 5 Oknum Jaksa

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 09 Jan 2018 18:20 WIB
kejaksaan agung
Kejagung Pecat 5 Oknum Jaksa
Jaksa Agung HM Prasetyo--MI/Angga Yuniar

Jakarta: Kejaksaan Agung memecat lima oknum jaksa sepanjang 2017. Pemecatan itu dari jabatan struktural sebagai jaksa maupun sebagai pegawai negeri sipil (PNS). 

Jaksa Agung M. Prasetyo mengatakan, Kejagung sangat keras terhadap aturan. Pihaknya akan berusaha menegakkan kebijakan punishment dan reward.

"Siapapn yang salah harus kena sanksi, kalau yang benar diberikan promosi dan lain-lain," kata Prasetyo dalam jumpa pers 'Capaian Kinerja Kejaksaan RI Tahun 2017' di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Januari 2018. 

Sepanjang 2017, lanjut dia, ada 1.294 pengaduan masyarakat yang diterima menyangkut oknum jaksa. Dari jumlah tersebut, ada 503 pengaduan yang masih diproses dan yang telah diselesaikan sebanyak 791. Dari proses ini, yang terbukti sebanyak 195 pengaduan.

"Ini terlihat meski pengaduan ada, tapi sering kali pengaduan mengada-ngada. bukannya kita mau menututp-nutupi atau mencegah, membela yang salah," ujar dia.  



Menurut dia, pihaknya langsung menerjunkan tim dari jaksa intelijen untuk mengklarifikasi pengaduan. Ia pun memastikan pihaknya akan langsung menindaklanjuti setiap pengaduan.

"Kalau benar entar langsung ditindak lanjuti dan proses, kalau ada sanksi yang sesuai dengan kesalahannya. Kalau perlu pecat dan lain-lain, kalau perlu mutasi ya mutasi. Kita enggak ada kompromi," tutur dia.

Selain jaksa, sebanyak 16 pegawai tata usaha (TU) juga diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS. Adapun dua jaksa dan delapan pegawai TU diberhentikan dengan hormat.

Kemudian, 15 jaksa diberi sanksi pembebasan fungsional. Dua orang jaksa diturunkan jabatnya setingkat lebih rendah dan 22 jaksa diturunkan pangkatnya setingkat lebih rendah selama tiga tahun.




(AZF)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA