Polda Metro Turunkan Status Siaga

Muhammad Al Hasan    •    Selasa, 15 May 2018 18:33 WIB
terorisme
Polda Metro Turunkan Status Siaga
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono - ANT/Reno Esnir

Jakarta: Polda Metro Jaya menurunkan status siaga satu menjadi siaga. Meski begitu, pengamanan akan tetap ketat.

"Kita nyatakan siaga saja. Artinya, kita tetap siaga, kita tetap siaga untuk pihak kepolisian," Kata Kadivhumas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono saat ditemui di Polda Metro Jaya pada Selasa 15 Mei 2018.

Argo menjelaskan status siaga dimaksudkan agar jajaran kepolisian se-Jabodetabek tetap siap siaga terkait pengamanan dan penjagaan. Mereka diperintahkan untuk selalu siap hingga waktu yang belum ditentukan.

"Saya sampaikan bahwa untuk keluar masuk markas kepolisian juga sekarang sudah diperketat. Anggota juga stand by, artinya kalau dihubungi satu waktu dibutuhkan tenaganya, dibutuhkan kehadirannya mudah untuk menghubungi terus mudah untuk hadir," tutur Argo.

Baca: Polisi Bantah Jabodetabek Siaga Satu 

Terkait penurunan tingkat kesiagaan kepolisian daerah, Argo tidak secara jelas mengungkap penyebabnya. Ia hanya bilang ada banyak pertimbangannya.

"Banyak pertimbangan dilakukan pimpinan ya," kata Argo singkat.

Dalam kesempatan itu Argo menjelaskan, status siaga bukan untuk masyarakat, melainkan hanya untuk jajaran aparat kepolisian. Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

"Status siaga tersebut hanya berlaku pada jajaran kepolisian tidak untuk warga sipil. Masyarakat silakan untuk melaksanakan kegiatan aktivitas seperti biasa dan pihak kepolisian dengan TNI nanti akan melaksanakan pengamanannya sesuai dengan apa yang kita sampaikan kemarin," kita Argo.




(DMR)