Menanti Draft Peraturan MA Terkait Tanggung Jawab Korporasi

KPK Bernafsu Pidanakan Korporasi Culas

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 18 Oct 2016 21:32 WIB
KPK Bernafsu Pidanakan Korporasi Culas
KPK. (MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews. com, Jakarta: Draft Peraturan Mahkamah Agung (MA) terkait dengan tanggung jawab perusahaan atau korporasi bakal rampung. KPK berharap segala proses bisnis yang dijalankan perusahaan dapat berlangsung dengan baik dan beretika. KPK tidak akan segan-segan memidanakan perusahaan bila diketahui berbuat culas.

"Saya senang menceritakan bahwa 95 persen dari draft itu, sudah jadi. Tinggal tanda tangan Ketua MA. Dan setelah itu selesai, KPK, kepolisian dan kejaksaan, bisa bekerja dengan tenang karena sudah ada rambu-rambu yang harus diikuti," kata Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief dalam sebuah diskusi di Sekretariat Indonesia Corruption Watch (ICW), Jalan Kalibata Timur IV/D, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Laode mengaku Undang-undang Tipikor sebenarnya mengatur pidana korporasi yang ikut dan nekat menyuburkan praktek korupsi. Namun Laode mengakui, bahwa aparat penegak hukum baik itu KPK, kepolisian dan kejaksaan, tidak memiliki keberanian.

"UU Tipikor cukup jelas menurut saya terkait Pidana Korporasi. Cuma masih kurang berani saja. KPK akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk memikirkan bahwa pidana korporasi itu akan dijadikan perhatian khusus. Salah satu yang kami kerjakan adalah supaya ada patokan yang jelas aparat penegak hukum, KPK, kepolisian dan kejaksaan, kami meminta Mahkamah Agung mengeluarkan peraturan tentang tanggung jawab pidana korporasi," beber dia.

Laode mewanti-wanti agar perusahaan tidak lagi berbuat curang dalam melanggengkan bisnisnya. Sederhananya, tidak akan pernah terjadi korupsi, kalau hanya bertepuk sebelah tangan.

"Pesan khusus, kepada para pengusaha, perusahaan jangan lagi berupaya memberikan iming-iming kepada aparat penegak hukum dan penyelenggara negara. Stop, stop dan stop," tandas dia.

(LDS)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA