Sugiharto & Irman Diperiksa KPK terkait Korupsi KTP-el

Meilikhah    •    Senin, 28 Nov 2016 11:26 WIB
korupsi e-ktp
Sugiharto & Irman Diperiksa KPK terkait Korupsi KTP-el
Tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP berbasis elektronik atau KTP-el, Sugiharto tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/11/2016). Foto: Antara/Akbar Nugorho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil, Sugiharto, dijadwalkan diperiksa kembali terkait dugaan korupsi proyek pembuatan KTP elektronik (KTP-el).

"Benar, diperiksa sebagai tersangka TPK paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan atau KTP elektronik," kata Pelaksana Tugas Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Senin (28/11/2016).

Selain Sugiharto, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Irman sebagai saksi untuk Sugiharto. Irman merupakan mantan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

"Tersangka I juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka F," kata Yuyuk.

Irman diduga melakukan penggelembungan harga dalam perkara ini dengan kewenangan yang ia miliki sebagai Kuasa Pembuat Anggaran (KPA).

Seperti diketahui, tersangka dalam kasus ini adalah mantan Dirjen Dukcapil Irman yang juga Kuasa Pengguna Anggaran proyek pengadaan KTP-el dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen proyek e-KTP Sugiharto.

Berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kerugian negara akibat kasus korupsi KTP-el itu adalah Rp2 triliun karena penggelembungan harga dari total nilai anggaran sebesar Rp6 triliun.

Irman dan Sugiharto disangkakan Pasal ayat 1 atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.


(MBM)