Alasan Novanto dan Ganjar tak Bersaksi di Tipikor

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 09 Oct 2017 16:16 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Alasan Novanto dan Ganjar tak Bersaksi di Tipikor
Juru bicara KPK Febri Diansyah/ANT/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Setya Novanto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak menghadiri sidang kasus korupsi pada pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Sedianya, Novanto dan Ganjar bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong.

"Jaksa KPK sudah menerima surat dari pihak saksi," kata juru bicara KPK Febri Diansyah, Senin 9 Oktober 2017.

Febri mengungkapkan, dalam surat yang diterima KPK, Novanto mengaku tidak bisa memenuhi panggilan karena harus kontrol kesehatan di Rumah Sakit Premier Jatinegara. Cek kesehatan dilakukan pascaoperasi jantung, beberapa waktu lalu.

Novanto dirawat sejak 10 September 2017. Novanto awalnya dirawat di Rumah Sakit Siloam di kawasan Semanggi, Jakarta Pusat. Pada Minggu 17 September, Novanto dipindahkan ke Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Kepulangan Novanto hanya berselang tiga hari pascagugatan praperadilannya dikabulkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Status tersangka kasus KTP elektronik yang disematkan KPK kepada Novanto dibatalkan demi hukum.

Sementara Ganjar tak bisa bersaksi karena memiliki agenda yang tak bisa ditinggalkan. "Sedangkan Ganjar Pranowo karena harus menghadiri kegiatan kenegaraan di Semarang," ujar dia.


(OJE)