Komnas HAM Perlu Menyoroti Isu Lingkungan Hidup

Damar Iradat    •    Rabu, 17 May 2017 15:30 WIB
komnas ham
Komnas HAM Perlu Menyoroti Isu Lingkungan Hidup
Dialog Publik Calon Komisioner Komnas HAM 2017-2022 di Gedung Kementerian Hukum dan HAM. Foto: MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Komnas HAM dinilai belum menyoroti masalah hak lingkungan hidup bagi masyarakat. Hal ini harusnya jadi perhatian khusus bagi Komnas HAM.
 
Calon komisioner Komnas HAM periode 2017-2022, Achmad Romsan, mengatakan, hak lingkungan yang baik dan sehat merupakan hak azasi manusia. Apalagi hal itu tercantum dalam hukum yang bermura kepada konstitusi.
 
"Padahal, hak ini dijamin oleh konstitusi, UUD, dan hukum," kata Achmad dalam Dialog Publik Calon Komisioner Komnas HAM 2017-2022 di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 17 Mei 2017.
 
Achmad mengatakan, Indonesia memiliki Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Lingkungan Hidup sampai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Penegakan Hukum Lingkungan Hidup. Tapi terdapat 44 kasus lingkungan dan berskala besar. Ia mencontohkan kasus luapan lumpur Lapindo hingga kebakaran lahan di Riau.
 
Sayangnya, kata dia, kasus-kasus lingkungan hidup ini dibawa ke pengadilan negeri. Padahal, pengadilan negeri bukan institusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini.
 
"Karena menyangkut pelanggaran hak-hak masyarakat, hak untuk hidup. Bagaimana masyarakat bisa hidup kalau pencemaran terjadi di sungai, laut, udara," tegasnya.
 
Oleh karena itu, kata dia, yurisdiksi kewenangan Komnas HAM harus diperluas. Komnas HAM harus menerima pengaduan masyarakat terhadap pelanggaran environmental justice tersebut.
 
Dosen Universitas Sriwijaya itu menambahkan, komplain masyarakat soal hak lingkungan hidup seharusnya dibawa ke pengadilan HAM. Namun, aturan pemerintah terkait ini mentok, karena UU Nomor 26 Tahun 2006 tentang Pengadilan HAM hanya mengadili HAM berat yang dilakukan negara.
 
"Karena itu, untuk merealisasi perlindungan hak-hak lingkungan hidup masyarakat juga harus diperhatikan. Karena kasus-kasus lingkungan hidup ini juga kejahatan terhadap kemanusiaan," kata Achmad.
 
 


(FZN)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

19 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA