Eni Kembalikan Uang PLTU Riau-I Rp1,25 Miliar

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 10 Oct 2018 14:00 WIB
ott kpkKorupsi PLTU Riau-1
Eni Kembalikan Uang PLTU Riau-I Rp1,25 Miliar
Eni Maulani Saragih/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima pengembalian uang tahap ketiga dari tersangka eks Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih. Total uang suap PLTU Riau-I yang dikembalikan Eni ke penyidik senilai Rp1,25 miliar.

"Uang Rp1,25 miliar sebagai bagian dari penerimaan yang diakui tersangka terkait proyek PLTU Riau-I," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Oktober 2018.

Eni mengembalikan uang ke rekening KPK pada Senin, 8 Oktober 2018. Lembaga Antirasuah menghormati sikap kooperatif politikus Golkar itu.

"Ini tentu akan dipertimbangkan sebagai faktor meringankan dan juga dicatat terkait proses pengajuan JC (Justice Collaborator), sepanjang nanti hingga proses selesai di sidang, Eni konsisten dan membuka seluas-luasnya keterlibatan pihak lain dan mengakui seluruh perbuatannya," jelas Febri.

Baca: KPK Mengapresiasi Pengembalian Uang Eni

Menurut Febri, sampai hari ini total uang terkait proyek PLTU Riau-I yang telah dikembalikan ke KPK Rp2,962 miliar. Sebanyak Rp2,25 miliar dari Eni dan Rp712 juta dari salah satu kader Partai Golkar.

"Kami juga mengingatkan agar pihak lain yang pernah menerima uang terkait kasus ini agar mengembalikan kepada KPK," tegas dia.

Baca: KPK Cermati Dugaan Keterlibatan Sofyan Basir

KPK menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-I. Ketiga tersangka itu ialah bos Blackgold Natural Recourses Limited Johannes Budisutrisno Kotjo, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, serta mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

Eni bersama Idrus diduga menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Eni diduga menerima uang Rp6,25 miliar. Uang merupakan jatah Eni untuk memuluskan perusahaan Kotjo sebagai penggarap proyek PLTU Riau-I.

Penyerahan uang kepada Eni tersebut dilakukan secara bertahap dengan rincian Rp4 miliar sekitar November-Desember 2017 dan Rp2,25 miliar pada Maret-Juni 2018‎. Idrus juga dijanjikan mendapatkan jatah yang sama jika berhasil meloloskan perusahaan Kotjo.




(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA