Polri Buat Terobosan Hukum melalui MoU

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:29 WIB
polri
Polri Buat Terobosan Hukum melalui MoU
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri meneken nota kesepahaman (MoU) dengan PGRI, Bulog, PLN, PT Pelni, PT Geo Dipa Energi, Ditjen Hubdar Kemenhub, dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Hal ini punya tujuan khusus. 

"Dengan adanya nota kesepahaman ini akan menjadi terobosan hukum sekaligus menjadi guidance dari instansi terkait Polri dan mitra untuk melaksanakan tugas lapangan dengan rincian dan detail lebih jelas," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 20 April 2017. 

Namun, menurut dia, usai penandatanganan MoU, perlu dibentuk tim teknis. Dengan begitu, pihak terkait bisa segera melaksanakan tugas sesuai MoU. "Setelah itu kita eksekusi bersama baru kita evaluasi," ujar dia. 

Tito mengungkap, ada kesamaan dalam MoU antara Polri dengan Bulog, PT Pelni, PT Geo Dipa Energi, dan PGRI. Hal ini perihal kerja sama penegakan hukum Polri. 

"Pengaturan tukar-menukar informasi terkait penegakan hukum, bantuan pengamanan dan sekaligus peningkatan kapasitas SDM. Ini akan banyak diatur dalam nota kesepahaman tersebut," jelasnya. 

Sementara itu, MoU dengan Kemenhub dan Kementerian PUPR mengatur soal pengamanan oleh Polri. Hal ini berimbas pada pengamanan terhadap unit-unit pelaksanaan penimbangan kendaraan bermotor, terminal penumpang tipe A, pelabuhan, sungai, danau dan penyeberangan.


(OGI)