Sidang Tuntutan Ahok, Jalan RM Harsono Steril

Ilham wibowo    •    Kamis, 20 Apr 2017 07:06 WIB
kasus hukum ahok
Sidang Tuntutan Ahok, Jalan RM Harsono Steril
Terdakwa Basuki Tjahaja Purnama bersama kuasa hukum-MI-Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama akan digelar di Kementerian Pertanian (Kementan) pagi ini. Ruas Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan kini telah steril.

Penutupan akses Jalan RM Harsono tepatnya di sepanjang Gerbang Utama Kementan telah dilakukan sejak pukul 05.00 WIB. Rencananya, Ahok bakal menjalani sidang tuntutan itu di ruang Auditorium Kementan, Kamis 20 April 2017.

Dari pantauan Metrotvnews.com, pada pukul 06.00 WIB aparat kepolisian telah melaksanakan apel pasukan pengamanan jalannya persidangan. Beberapa kompi diperintahkan untuk menjaga ketat setiap sudut kawasan perkantoran Kementan.


Jalan RM Harsono sepi. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.

Petugas pengamanan juga nampak telah memasang pagar kawat di kedua arah ruas Jalan Harsono. Selain itu, ada empat water cannon dan dua kendaraan teknis jenis barracuda yang telah bersiaga.

Hingga pukul 06.30 WIB, belum tampak satupun massa pro dan kontra yang biasanya hadir pada setiap agenda persidangan Ahok. Kendaraan pengeras suara pun nampak belum terlihat.

Baca: Ahok Siap Dengarkan Pembacaan Tuntutan

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut pengamanan untuk sidang tuntutan Ahok pada hari ini akan dilakukan dengan maksimal. Polri menjamin situasi keamanan akan terkendali.


Kendaraan taktis bersiaga di dekat Kementerian Pertanian. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.

Tim intelijen telah diterjunkan untuk mengetahui keadaan di sekitar wilayah sidang dan jalannya sidang. "Yang jelas pengamanan akan kita lakukan semaksimal mungkin," ucap Tito, Rabu 19 April 2017.

Sidang tuntutan Ahok ini sebelumnya sempat ditunda lantaran jaksa penuntut umum (JPU) belum selesai menyusun surat tuntutan. Anggota JPU Ali Mukartono mengatakan, penyelesaian berkas terkendala banyaknya saksi tambahan. Bukan cuma itu, beberapa keterangan tambahan ahli yang dihadirkan juga jadi musabab terkendalanya penyelesaian berkas tuntutan.




(OGI)