Polri tak Masalah Kejagung enggan Bergabung Densus Tipikor

Lukman Diah Sari    •    Senin, 11 Sep 2017 16:16 WIB
densus tipikor
Polri tak Masalah Kejagung enggan Bergabung Densus Tipikor
Ilustrasi polisi. Foto: MTVN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri tak masalah bila Kejaksaan Agung enggan bergabung dengan Datasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Meskipun, Polri berharap, Kejaksaan Agung tetap bisa bergabung. 

"Kalau Jaksa Agung (M. Prasetyo) enggan mau terlibat, enggak apa-apa. Enggak berpengaruh," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 11 September 2017.

Menurut dia, Densus Tipikor berfungsi tak beda jauh berbeda dengan Direktorat Tipikor (Dittipikor) Bareskrim Polri saat ini. Hanya saja, jelas dia, Densus Tipikor dibuat lebih gemuk dan dipimpin langsung oleh Kapolri. 

"Tapi kalau ada penolakan, ini kan pertimbangan lain. Sekarang Dittipikor sudah ada, dan kita juga menyelaraskan dengan Kejaksaaan," ujar dia. 

Dia menuturkan, pembentukan Densus Tipikor bakal tetap berlanjut meskipun Kejaksaan Agung enggan berada dalam satu atap. "Nanti diharapkan akhir tahun sudah running," pungkas dia. 

Jaksa Agung M. Prasetyo diketahui menolak harus satu atap dengan Densus Tipikor Polri. Pasalnya, hal ini bisa mengurangi independensi dari masing-masing penegak hukum. Selain itu, Kejagung telah memiliki Satgas Khusus Penanganan dan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Korupsi (Satgasus P3TPK).


(OGI)