KPK Sita Percakapan Posel Terkait Korupsi Kapal Perang

Surya Perkasa    •    Kamis, 18 May 2017 00:46 WIB
kasus korupsi
KPK Sita Percakapan Posel Terkait Korupsi Kapal Perang
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita percakapan pos elektronik (posel, e-mail) dari Saiful Anwar. Penyitaan posel tersebut terkait dengan kasus dugaan korupsi pengadaan kapal perang untuk Filipina.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menguraikan, percakapan tersebut terjadi antara Saiful sebagai Direktur Keuangan PT PAL Indonesia dengan Arief Cahyana, General Manager PT PAL Indonesia.

"Pemeriksaan ini sendiri diagendakan tambahan di luar jadwal," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Saiful, enggan memberi komentar usai digarap penyidik KPK. Dia langsung masuk ke dalam mobil tahanan tanpa berbicara.

KPK telah menetapkan empat tersangka dari hasil operasi tangkap tangan (OTT) penjualan kapal perang buatan PT PAL Indonesia ke Filipina. Dalam operasi tangkap tangan diamankan barang bukti berupa uang USD25 ribu.

Diketahui, PT PAL Indonesia mengerjakan pembuatan kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) sejak 2016. Ini adalah pesanan kedua Kementerian Pertahanan Filipina.

Pesanan kapal tersebut rencananya akan diserahkan secara resmi kepada Kementerian Filipina pada Maret 2017. SSV ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan PT PAL Indonesia. SSV Pertama dengan nama BRP Tarlac 601 sendiri telah dikirimkan ke Filipina pada Mei 2016.


(REN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA