Hakim: Rp600 Juta ke Amien Rais tak Bisa Dipastikan Hasil Korupsi

Damar Iradat    •    Jumat, 16 Jun 2017 19:40 WIB
korupsi alat kesehatan
Hakim: Rp600 Juta ke Amien Rais tak Bisa Dipastikan Hasil Korupsi
Siti Fadilah Supari berbicara dengan penasehat hukum saat sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (16/6/2017). Antara Foto/Hafidz Mubarak A/aww/17.

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menyebut uang Rp600 juta yang dikirim Soetrisno Bachir kepada Amien Rais belum tentu hasil korupsi. Karena itu, hakim tidak akan mempertimbangkan lebih lanjut fakta itu karena tidak relevan.

Adanya aliran uang dari Soetrisno ke Amien terungkap dalam persidangan kasus korupsi proyek pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari.

"Bahwa uang ke Soetrisno Bachir dan Amien Rais tidak dapat dipastikan dari proyek alkes atau bukan," kata anggota majelis hakim Diah Siti Basariah saat membacakan pertimbangan putusan terhadap Siti Fadilah di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Juni 2017.

Klik: Siti Fadilah Divonis Empat Tahun Penjara

Akan tetapi, majelis hakim mengakui adanya aliran dana kepada Amien Rais. Amien enam kali menerima uang, masing-masing Rp100 juta.

Menanggapi pendapat hakim, jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendalami fakta persidangan soal aliran dana kepada Amien Rais. Pertimbangan hakim dalam putusan Siti Fadillah akan menjadi bahan kajian KPK, termasuk melakukan pengembangan perkara.

"Artinya kami tafsirkan bahwa fakta tersebut bisa dilakukan pendalaman di luar perkara ini," ujar Jaksa KPK Ali Fikri.

Ali menjelaskan, aliran dana ke rekening Amien Rais bagaimanapun juga merupakan fakta persidangan. Apalagi, soal aliran dana tersebut didukung bukti transfer yang yang dikantongi penyidik KPK.


(TRK)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

2 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA