Zumi Zola Siap Ditahan KPK

Juven Martua Sitompul    •    Senin, 09 Apr 2018 10:57 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Zola Siap Ditahan KPK
Gubernur Jambi Zumi Zola. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul

Jakarta: Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan menjalani pemeriksaan kedua sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi.
 
Zumi Zola yang mengenakan batik biru tak banyak berkomentar soal pemeriksaannya. Namun, politikus PAN ini mengaku siap ditahan. "Terima kasih ya," kata Zumi Zola di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 9 April 2018.

Zumi melalui kuasa hukumnya Handika Honggowongso mengaku siap ditahan penyidik. Dia bahkan berterimakasih kepada KPK karena diberi kesempatan mengklarifikasi ihwal suap dan gratifikasi tersebut.
 
"Kalaupun hari ini harus menjalani penahanan, kami berterimakasih karena hak-hak kami sebagai tersangka sudah dipenuhi KPK," kata Handika.

Ini pemeriksaan ulang setelah sebelumnya Zumi Zola mangkir. Orang nomor satu di Jambi ini tidak memenuhi panggilan penyidik pada 2 April 2018 dengan dalil belum menerima surat panggilan penyidik.

Baca: KPK Bidik Orang di Sekitar Zumi Zola

Zumi Zola bersama dengan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar. Zumi Zola dan Arfan diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi.
 
Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018.
 
Atas perbuatannya, Zumi Zola dan Arfan disangkakan Pasal 12 huruf B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.




(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA