KPK Gali Keterlibatan Zumi Melalui Karyawan Swasta

Damar Iradat    •    Selasa, 13 Feb 2018 12:04 WIB
ott anggota dprd jambi
KPK Gali Keterlibatan Zumi Melalui Karyawan Swasta
Gubernur Jambi Zumi Zola/ANT/Wandi Septiawan

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa karyawan swasta Mantes dalam kasus suap pada sejumlah proyek di Provinsi Jambi yang melibatkan Gubernur Zumi Zola. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan keterangan Mantes dibutuhkan untuk melengkapi berkas perkara Zumi.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ZZ (Zumi Zola)," kata Febri saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Februari 2018.

KPK juga memanggil dua saksi lain dari pihak swasta, yakni Cecep Suryana dan Jefri Hendrik. Keduanya dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jambi Arfan.

Baca: Zumi Zola tak Mau Kehilangan Jabatan

Febri belum bisa memastikan kapan Zumi dijadwalkan menjalani pemeriksaan. KPK masih menyiapkan strategi. Zumi memang belum pernah diperiksa sejak ditetapkan sebagai tersangka, Jumat, 2 Februari 2018.

"Tentu akan dijadwalkan ya pemanggilan tersangka. Kami berharap tidak terlalu lama tapi sepenuhnya tergantung pada strategi penyidikan," ucap Febri.

KPK menetapkan Zumi dan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi.

Zumi dan Arfan diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi. Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi Tahun Anggaran 2018.

Baca: KPK Cegah Zumi Zola ke Luar Negeri

Zumi dan Arfan disangkakan Pasal 12 huruf B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

KPK lebih dulu menetapkan empat tersangka dalam kasus suap pengesahan APBD Provinsi Jambi. Keempat tersangka itu ialah anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.


(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA