Polisi Tetapkan Empat Tersangka Terduga Teroris Majalengka

Lukman Diah Sari    •    Senin, 28 Nov 2016 14:12 WIB
terorisme
Polisi Tetapkan Empat Tersangka Terduga Teroris Majalengka
Ilustrasi terorisme/MTVN/Mohammad Rizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi menaikkan status empat terduga teroris asal Majalengka. Keempatnya ditangkap di tempat berbeda. RPW ditangkap di Majalengka; SB ditangkap di Serang, Banten; BA ditangkap di Aceh Utara, dan satu lainnya ditangkap di Tangerang, Banten.

Menurut Kabag Penum Humas Polri Kombes Martinus Sitompul, keempatnya tergabung dalam Jemaah Ansharu Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan Bahrun Naim di Suriah.

"Dari empat orang ini sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Martinus di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

Baca: Terduga Teroris Asal Majalengka Didanai Asing

Saat ini, tegas Martinus, pihaknya tengah mendalami sumber dana terduga teroris ini. Hingga saat ini, tersangka mengaku dana pembuat bom dikumpulkan secara swadaya. Tersangka sama sekali tak menyebut sosok yang mendanai.

"Polri akan terus mengembangkan kasus ini, selidiki siapa yang menjadi donatur, penyandang dana kegiatan mereka, hingga bisa meracik dan mengumpulkan bahan kimia yang dimanfaatkan untuk bom berdaya ledak tinggi," jelas dia.

RPW dicokok pada 23 November. Saat penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti diduga bahan dasar pembuatan bom. Beberapa di antaranya asam nitrat, asam sulfat, air raksa, dan pupuk urea.

Terduga ditangkap di Desa Girimulya, RT 003, RW005, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Pria kelahiran tahun 1992 itu diketahui beralamat di Blok Situsari, RT 003 RW 005 Desa/Kelurahan Girimulya, Kecamatan Banjaran.

RPW terancam dikenakan Pasal UU Terorisme yaitu melakukan pemufakatan jahat dengan melawan hukum membuat, menyimpan dan menguasai bahan peledak dengan maksud akan digunakan untuk tindak pidana terorisme. Sementara rekan-rekannya ditangkap di wilayah berbeda.


(OJE)