Mendagri Menyayangkan Sikap Zumi Zola

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 03 Apr 2018 14:11 WIB
ott anggota dprd jambi
Mendagri Menyayangkan Sikap Zumi Zola
Gubernur Jambi Zumi Zola/Medcom.id/Juven M. Sitompul

Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyayangkan Gubernur Jambi Zumi Zola mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alasan Zumi yang mengaku tak mendapat surat panggilan dianggap tak masuk akal.

"Saya pribadi menyayangkan sampai tiga kali panggilan seperti ini. Walaupun alasan dia tidak menerima surat panggilan, tetapi KPK punya bukti siapa yang menerima, jam berapa, hari apa, itu ada," kata Tjahjo di Kantor Kementerian LHK, Jakarta Selatan, Selasa, 3 April 2018.

Tjahjo menjelaskan kepala daerah seharusnya kooperatif dengan penegak hukum. Mereka wajib menghadiri panggilan KPK maupu  kepolisian. Apalagi, pejabat berstatus tersangka seperti Zola.

"Intinya harus kooperatif. Setiap dipanggil oleh KPK harus datang, kecuali dia sakit, harus ada bukti surat dokter," tegas Tjahjo.

Baca: KPK Ultimatum Gubernur Zumi Zola

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan imbaun kooperatif tak hanya untuk kepala daerah. Unsur legislatif pun harus menaati itu. Mereka yang membangkang berpotensi dianggap menghalangi penyidikan penegak hukum.

"Saya kira semua kepala daerah, teman-teman DPRD kooperatif lah dengan KPK. Kalau tidak nanti bisa dianggap menghambat penyidikan, dan risikonya anda paham sendiri," ucap Tjahjo.

Gubernur Jambi Zumi Zola tidak memenuhi panggilan penyidik KPK. Zumi Zola yang telah menyandang status tersangka memilih meninjau pelaksanaan ujian nasional SMK di Kota Jambi.


(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA