Militer Indonesia Terus Cari 10 Pelaut AS yang Hilang

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 23 Aug 2017 16:17 WIB
tabrakan kapal
Militer Indonesia Terus Cari 10 Pelaut AS yang Hilang
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Pencarian korban insiden tabrakan antara kapal perusak USS John S. McCain dengan kapal dagang Alnic MC di dekat Selat Malaka pada Senin, 21 Agustus dini hari lalu masih terus dilakukan. TNI AL terus melakukan pencarian di teritori Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Gatot Numantyo menuturkan, pihaknya masih menyisir di daerah yang berbatasan dengan laut Singapura. "Masih tetap dilakukan bersama Malaysia dan Singapura melakukan pencarian," kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu 23 Agustus 2017.

Matra AL kata dia menurunkan pasukan terbaik untuk membantu pencarian. Komando Pasukan Katak (Kopaska), KRI dan kapal nelayan ikut dimobilisasi. Semua unsur yang dilibatkan ini disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Sedikit gambaran, wilayah pencarian sangat padat dengan lalu lintas kapal. Berdasarkan hal tersebut, pencarian dilakukan berdasarkan arus laut. "Pencarian, kami lihat di lokasi kejadian. Arusnya ke mana, itu yang kami kejar," kata Gatot.

(Baca juga: Kapal Perang Tabrakan, Angkatan Laut AS Hentikan Operasi)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sebelumnya mengungkapkan tengah melakukan koordinasi dengan atase pertahanan RI di Singapura. "Kita koordinasi terus, apa yang bisa kita bantu, kita pasti bantu," kata dia. 

Seperti diketahui, Angkatan Laut AS menyampaikan laporan kerusakan Kapal John S. McCain akibat tabrakan dengan kapal tanker. Dari peristiwa itu, 10 pelaut hilang dan 5 terluka. Saat ini pihak Paman Sam tengah menyelidiki tingkat kerusakan dan cedera personilnya.

Saat kecelakaan, diketahui kapal AS tengah berlayar menuju pelabuhan. Senator AS John McCain merespon peristiwa naas itu melalui Twitter.  "Kami membawa mereka dalam doa kami malam ini, kami menghargai pekerjaan awak pencari dan penyelamat," begitu cuitan McCain di akunnya.




(REN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA