Kejagung Teliti Berkas Kasus Ahok

Dheri Agriesta    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:53 WIB
kasus hukum ahok
Kejagung Teliti Berkas Kasus Ahok
Jaksa Agung Prasetyo. Foto: Antara/Ismar Patrizki

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Polri telah menyerahkan berkas perkara tersangka dugaan penistaan agama Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama ke Kejaksaan Agung. Berkas itu kini sedang diteliti oleh tim jaksa.
 
"Sedang diteliti tim jaksa kita, itu perlu waktu," kata Jaksa Agung M Prasetyo di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).
 
Prasetyo masih menunggu berkas perkara tahap dua yang rencananya diberikan Polri pekan ini. Prasetyo menegaskan, tim jaksa sedang melakukan penelitian secara intensif terhadap berkas perkara dugaan penistaan agama itu. "Tahapan ini sedang kita lakukan," ujarnya.
 
Prasetyo enggan memberi tahu kapan berkas akan dilimpahkan ke pengadilan. Kata dia, segala sesuatu tergantung hasil penelitian tim jaksa. "Bisa pekan ini, bisa juga tidak, tergantung hasil penelitian kita nanti," ujar Prasetyo.
 
Sementara itu, Ahok senang berkas perkaranya telah tiba di Kejaksaan Agung. Ahok mengapresiasi kerja aparat penegak hukum yang cepat memproses kasus ini. "Semakin cepat sidang, semakin bagus," kata Ahok.
 
Ahok berharap kasus ini segera dibawa ke meja hijau. Di hadapan hakim, ia akan menjelaskan tak pernah berniat menistakan agama.
 
Sebelumnya, Mabes Polri menyerahkan berkas perkara Ahok ke Kejagung. Berkas itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Kombes Rikwanto, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul, dan Direktur Tindak Pidana Umum Polri Brigadir Jenderal Agus Adrianto.
 
Bareskrim menetapkan Ahok sebagai tersangka kasus penistaan agama pada Rabu, 16 November 2016. Ahok dijerat Pasal 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHAP) juncto Pasal 28 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).


(FZN)