Amien Rais Orasi di Sekitar Lokasi Sidang Ahok

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 20 Apr 2017 13:10 WIB
kasus hukum ahok
Amien Rais Orasi di Sekitar Lokasi Sidang Ahok
Amien Rais. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais berorasi di depan kompleks perkantoran Kementerian Pertanian, lokasi sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama. Ia mengapresiasi polisi dan tentara dalam menjaga keamanan.

"Bapak-bapak Polri adalah tulang punggung keamanan nasional, jangan Anda pernah meremehkan Polri kita," kata Amien di luar kompleks perkantoran Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis 20 April 2017.

Menurutnya, keamanan dan ketertiban masyarakat tak mungkin terwujud tanpa kehadiran polisi. Ia juga menyebut TNI sebagai tulang punggung negeri ini. Amien menyampaikan, musuh sebenarnya masyarakat Indonesia adalah pihak asing.

"Musuh kita cuma antek-antek asing, itu yang akan merugikan bangsa kita," katanya.

Di ruang sidang, jaksa penuntut umum menuntut terdakwa Ahok hukuman percobaan dua tahun penjara dengan masa hukuman penjara satu tahun.

Klik: Ahok tak Terbukti Menodakan Agama

Artinya, jika selama dua tahun Ahok mengulangi kesalahan, maka dia akan dimasukkan ke dalam jeruji besi selama satu tahun. Jika selama dua tahun tidak mengulangi kesalahan, Ahok tidak perlu meringkuk di penjara.

Massa di luar ruang sidang menyebut tuntutan tersebut tidak adil. Sempat terjadi kericuhan setelah jaksa membacakan tuntutan. Seorang orator mengimbau massa tetap tenang.

"Ingat semua, kita sudah menang di Pilkada," katanya.

 


(TRK)