Identitas Pelaku Penembakan Lapas Pekanbaru Diketahui

Ilham wibowo    •    Senin, 09 Jul 2018 15:00 WIB
penembakan
Identitas Pelaku Penembakan Lapas Pekanbaru Diketahui
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Gobah, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau - Metro TV.

Jakarta: Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Muhammad Iqbal menyebut pihaknya telah mengetahui identitas pelaku penembakan di Kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Gobah, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kejadian terjadi pada  Minggu, 8 Juli 2018. 

"Kami sudah punya gambaran siapa yang melakukan ini. Kami akan melakukan perburuan terhadap terduga pelakunya," kata Iqbal di Kantor Humas Mabes Polri, Jakarta, Senin, 9 Juli 2018. 

Iqbal menyebut aksi penembakan dilakukan pelaku yang memiliki rasa tak puas dengan orang yang berada di Lapas. Dugaan sementara, kejadian ini terkait bandar narkoba. 

Kasus narkoba jaringan Lapas diketahui juga menyasar Pekanbaru. Meski demikian, kepastian motif pelaku bakal terungkap setelah penangkapan. 

"Ya dugaannya begitu (terkait jaringan narkoba). Tapi kita lihat nanti, karena motif itu selalu datang belakangan ketika pengungkapan sudah kami lakukan," ujar Iqbal.

(Baca juga: Lapas Pekanbaru Diberondong Tembakan)

Iqbal meminta masyarakat Kota Pekanbaru tak khawatir. Situasi keamanan lingkungan masyarakat, kata dia, sudah terkendali penuh. 

"Lapas sudah berbenah dan masyarakat tidak perlu risau terutama di Kota Pekanbaru. Suasana aman," tanda dia. 

Sebelumnya, Lapas Kelas II A Gobah, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau diberondong tembakan oleh orang tak dikenal. Sedikitnya lima tembakan menyasar ke lapas.

"Tembakan pertama, terjadi jam 03.30 WIB, ada tembakan sekali. Setengah jam berikutnyam ada empat tembakan beruntun," ungkap Kepala Polsek Bukit Raya Kompol Pribadi di lokasi kejadian, Minggu, 8 Juli 2018.

Dia menuturkan, petugas jaga yang berada di dalam lapas sempat mendengar tembakan pertama,  pukul 03.30 WIB. Kemudian, petugas keluar lapas untuk memastikan suara ledakan. Namun, tidak menemukan hal mencurigakan.

"Peluru melobangi salah satu jendela kaca bagian depan," ungkap dia. 

Petugas, kata dia, kembali masuk ke lapas dan menutup pintu jaga. Namun, berselang setengah jam terjadi empat tembakan menyasar ke bagian pintu pelayanan.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut," beber dia. 

(Baca juga: Setelah Penembakan, Jam Besuk di Lapas Pekanbaru Dikurangi)




(REN)