Plt Kadisparbud DKI Dicecar soal Sponsorship Ratna

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 11 Oct 2018 14:14 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Plt Kadisparbud DKI Dicecar soal <i>Sponsorship</i> Ratna
Tersangka kasus berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet. Foto: MI/Pius Erlangga

Jakarta: Penyidik Polda Metro Jaya telah memeriksa Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro. Ia diperiksa pada Rabu, 10 Oktober 2018.

"Ya, intinya kita tanyakan soal itu. Berkaitan dengan sponsor Ratna ke Chile. Kronologinya seperti apa. Saksi juga ditanya mengetahui acara itu dari mana," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis 11 Oktober 2018.

Disparbud melalui disposisi Gubernur DKI Anies Baswedan membekali Ratna Rp70 juta. Uang digunakan untuk akomodasi pada 7-12 Oktober 2018. Disparbud juga membantu pendaftaran Ratna untuk acara tersebut.

Baca: Pemprov DKI Membekali Ratna Rp70 Juta

Di hari yang sama, penyidik juga memanggil Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Sayangnya, pemeriksaan Asiantoro luput dari pandangan publik.

Ratna ditetapkan tersangka setelah ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Kamis, 4 Oktober 2018 malam. Ia digelandang ke Polda Metro Jaya sesaat sebelum berangkat ke Chile.

Baca: Ruang Tahanan Ratna Dijejali CCTV

Dia disangkakan melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 jo Pasal 45 Undang-Undang ITE. Ratna terancam hukuman 10 tahun penjara.

Ratna resmi ditahan pada Jumat, 5 Oktober 2018, setelah menjalani pemeriksaan intensif. Ia kini mendekam di Rutan Polda Metro Jaya.




(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA