Polisi Cari Pelanggaran Reklamasi dari BPRD

Deny Irwanto    •    Senin, 06 Nov 2017 19:09 WIB
reklamasi teluk jakarta
Polisi Cari Pelanggaran Reklamasi dari BPRD
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono/MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi akan memeriksa pihak Badan Pajak Retribusi Daerah (BPRD) pekan ini. Ia akan menggali keterangan pihak BPRD untuk mencari pelanggaran dalam proyek reklamasi teluk Jakarta.

"Nanti akan kami klarifikasi berdasarkan dengan pajak daerah. Sudah 30 saksi diperiksa kemudian semakin hari kita lihat perkembangan penyidikan dari kasus reklamasi itu. Kami akan cari rangkaian peristiwa itu dan mencari unsur pidananya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 6 November 2017.

Argo menjelaskan, rencana pemeriksaan terhadap pihak BPRD dilakukan karena orang yang diduga mendapat perintah dalam proyek tersebut. Ia berharap pemeriksaan ini bisa memberikan titik terang dugaan tindak pidana yang terjadi.

"Apakah dari kesepakatan kegiatan, apakah ada yang diselewengkan ya kita tunggu saja. Kami kan masih memanggil. Artinya apakah itu sesuai harganya, NJOP-nya ada penyelewengan atau enggak," jelas Argo.

Baca: Polisi Selidiki Kerugian di Proyek Reklamasi Teluk Jakarta

Pemerintah sudah mencabut moratorium pembangunan Pulau C, D, dan G Rekamasi Teluk Jakarta, pada 5 Oktober 2017. Meski demikian, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya ambil bagian untuk menyelidiki dugaan pelanggaran dalam proyek reklamasi tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deriyan mengatakan, pihaknya ingin mengetahui 'dapur' megaproyek tersebut.

"Data bagaimana reklamasi itu, apa aturan, norma hukum yang mendasari pembangunan reklamasi. Itu semua mau saya dapatkan sekarang," kata Adi saat dikonfirmasi, Kamis 12 Oktober 2017.

Adi menegaskan, sangat salah jika pihaknya tidak mengetahui prosedur pembuatan proyek reklamasi. Menurutnya, pihaknya akan menyimpulkan hasil penyelidikan proyek reklamasi setelah mendapatkan data.

Adi tak mau berspekulasi mengenai dugaan pelanggaran yang terjadi. Namun, dia akan membeberkannya jika penyidik menemukan penyimpangan.




(AZF)