Tim Saber Pungli Tangkap 2.100 Tersangka dalam Setahun

   •    Kamis, 30 Nov 2017 08:06 WIB
pungli
Tim Saber Pungli Tangkap 2.100 Tersangka dalam Setahun
Ilustrasi pungli/MTVN/Mohammad Rizal

Banyumas: Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar telah menangkap dan menetapkan 2.100 orang sebagai tersangka dalam setahun. Sebanyak 1.200 di antaranya ditangkap melalui operasi tangkap tangan.

"Tim juga menyita uang pungli senilai Rp310 miliar," kata Kepala Bidang Operasi Tim Saber Pungli Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Brigadir Jenderal Widiyanto Poesoko seperti dilansir Media Indonesia, Kamis 30 November 2017.

Dari 1.200 pelaku yang terkena OTT, 469 tersangka sudah mulai menjalani proses persidangan. OTT dipilih atas pertimbangan kecepatan waktu penyidikan jika dibandingkan dengan pengungkapan kasus secara reguler

Pengungkapkan secara reguler membutuhkan waktu panjang untuk penyidikan dan pemanggilan saksi. Apalagi, tidak semua saksi bisa datang tepat waktu.

Widiyanto mengatakan selama satu tahun bekerja, satgas juga banyak menerima aduan masyarakat.

"Di eks Keresidenan Banyumas, kami menerima 12 aduan. Hasilnya, terbukti di lapangan dan kami melakukan penangkapan," ucap Widiyanto.

Di Riau, pembangunan tugu antikorupsi di areal ruang terbuka hijau ternyata diwarnai praktik dugaan korupsi. Sudah 18 orang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Riau.

Kemarin, staf ahli Gubernur Riau, Dwi Agus Sumarno, ditahan dan dimasukkan ke rumah tahanan Sialang Bungkuk, Pekanbaru. Dwi Agus merupakan menantu mantan Gubernur Riau Annas Maamun yang sudah ditangkap KPK. Pria itu sebelumnya menjabat kepala dinas.

"Para tersangka terdiri dari 13 pegawai negeri sipil dan lima dari kalangan swasta," ujar Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Riau, Sugeng Riyanta.

Kemarin, 12 anggota dan Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, tampil sebagai saksi dalam sidang dugaan korupsi anggaran pemeliharaan kendaraan dinas DPRD pada 2015. Dalam kasus itu, negara dirugikan Rp397 juta dari total anggaran Rp1,2 miliar.

"Setiap tahun kami menerima uang perawatan kendaraan dinas yang besarnya Rp3 juta per orang," aku Ketua DPRD Kepahiang, Badarudin.

Di Sulawesi Selatan, penyidik Polda menangani 51 kasus korupsi selama 2017.

Sementara itu, Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, berupaya mencegah korupsi dana desa dengan menggandeng Polres setempat.


(OJE)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

1 hour Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA