Indonesia Dilingkari 15 Pangkalan Udara Amerika

K. Yudha Wirakusuma    •    Rabu, 30 Dec 2015 17:26 WIB
mendagri
Indonesia Dilingkari 15 Pangkalan Udara Amerika
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/K. Yudha Wirakusuma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa Indonesia dilingkari oleh 15 pangkalan udara Amerika Serikat. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan negara Iran.

"Kepulauan Riau itu dikelilingi banyak negara tetangga seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia dan juga Philipina. Indonesia dilingkari 15 pangkalan udara amerika, yang moncong pelurunya bisa mengarah ke kita. Iran saja hanya 11," kata Tjahjo‎ di ‎Kantor Pemprov Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Rabu (30/12/2015).
 
Dia berharap agar pemerintahan daerah dapat waspada dan mampu mengantisipasi permasalahan yang terjadi. Apalagi Pemerintahan Provinsi Riau, yang berlokasi di wilayah yang langsung berbatasan dengan negara tetangga.

"Pemerintah daerah adalah poros pemerintah daerah yang di dalamnya ada gubernur, walikota anggoya DPRD kota dan lainnya. Diharapkan dapat  membangun sinergi penting. Perencanaaan anggaran optimal," terangnya.

Sebelumnya, Tjahjo menuturkan, Provinsi Kepulauan Riau merupakan wilayah strategis dan rawan. Potensi ancaman dari negara luar bisa saja masuk ke Indonesia melalui Kepulauan Riau. Untuk itu semua pihak harus bekerjasama menangkal berbagai ancaman.

Dia juga berpesan agar Penjabat Gubernur harus bersinergi dengan kepolisian, TNI, BIN untuk menjaga dan mendeteksi dini masuknya penyusup ke Indonesia.


(YDH)