Rp100 Juta sebagai Ucapan Terima Kasih ke Irman

Renatha Swasty    •    Selasa, 29 Nov 2016 18:36 WIB
irman gusman ditangkap
Rp100 Juta sebagai Ucapan Terima Kasih ke Irman
Xaveriandy Sutanto dan Memi saat sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa 29 November 2016. Antara Foto/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilik CV Semesta Berjaya Memi mengakui memberikan Rp100 juta kepada Irman Gusman, saat menjabat Ketua DPD RI. Uang itu sebagai bentuk terima kasih, karena Irman membantu perusahan Memi mendapatkan kuota gula impor.

"Sebagai tanda terima kasih, kami sudah dibantu. Saya bisa ceritakan semua permasalahan kepada Pak Irman Gusman," kata Memi saat menjalani pemeriksaan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Sebelumnya, Memi mengaku menceritakan kepada Irman permasalahan di Sumatera Barat yang kekurangan gula. Saat itu, harga gula sedang mahal.

Perusahaan Memi sudah mengajukan purchasing order kepada Bulog, namun tidak ada jawaban. Irman mengaku akan membantu Memi. Betul saja, Memi dihubungi Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti.

Perusahaannya lantas menerima kuota gula impor sebanyak 1.000 ton, dari pengajuan 3.000 ton. Suami Memi, Xaveriandy Sutanto, juga mengaku itu.

Xaveriandy tidak ingin dicap tidak tahu terima kasih, lantaran tidak memberikan apa-apa kepada Irman. "Saya tidak mau sudah dibantu, tidak tahu terima kasih. Itu anggapan saya," ujar Xaveriandy.

Mendengar jawaban itu, Jaksa mencecar Memi. Sebab, ada komunikasi antara Irman dan Memi yang mengatakan kalau Memi komitmen memberikan Rp300 per kilogram gula yang diimpor.

Pesan dikirim sebelum Memi datang membawa Rp100 juta kepada Irman. Tapi Memi menyebut, pemberian duit tak ada hubunganya dengan komitmen.

Sebab, dia bilang dalam realisasinya, perusahannya merugi. Gula yang diinginkan harus diambil ke Jakarta.

Tak cuma itu, gula ternyata tidak ada label SNI dan jenis gula refinasi. "Kalau saya mau memberikan komitmen harusnya Rp300 juta, karena Rp300 dari 1.000 ton. Uang juga seharusnya saya transfer, tidak saya berikan langsung," kilah Memi.


(TRK)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

47 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA