Emilia Contessa Dicecar Soal Honor Manggung

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 18 Oct 2016 23:34 WIB
kasus korupsi
Emilia Contessa Dicecar Soal Honor Manggung
Emilia Contessa. (Metro Tv)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanyi senior Emilia Contessa selesai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia mengaku dicecar soal honor manggung yang diterima dari mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

"Bisa jadi seperti itu (soal honor). Ya kontennya saya tidak bisa cerita," kata Emelia di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Pelantun "Layu Sebelum Berkembang" ini tak ingat pasti pada acara apa dia tampil di depan Menkes Siti Fadilah, apakah di acara kementerian atau bukan. Pasalnya, kejadian itu terjadi sekitar 12 tahun lalu.

Emilia pun enggan menegaskan honor yang diterima dalam acara tersebut. Yang pasti, kata dia, honornya sampai angka puluhan juta. Dia pun tak diminta mengembalikan uang yang diterima dari Siti Fadilah.

"Saya malah ingat antara tidak ingat (soal honor dan acara). Yang penting itulah kira-kira hubungannya tentang itu," jelas dia.

Di KPK, Emilia mengaku dicecar 13 pertanyaan oleh penyidik. Semua pertanyaan tak ada kaitannya dengan jabatannya sebagai anggota DPD.

"Itu sekitar tahun 2009-2014 dan waktu itu saya memang belum terjun ke politik memang hanya ditanya apakah kenal dengan ibu SFS saya bilang tidak kenal," papar dia.

Hari ini, Emilia Contessa dipanggil KPK. Perempuan yang dijuluki 'singa panggung Asia' ini diperiksa dalam kasus dugaan suap dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan untuk kebutuhan Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan dari dana daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFS (mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari)," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

Siti memiliki keterkaitan dengan tindak pidana yang dilakukan terdakwa mantan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Rustam Syarifuddin Pakaya. Dia diduga turut menerima Mandiri Travellers Cheque (MTC) senilai Rp1,375 miliar dalam proses pengadaan alat kesehatan I untuk kebutuhan Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan dari dana DIPA Revisi APBN Pusat Penanggulangan Krisis Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan RI Tahun Anggaran 2007.

Siti pun kena jerat hukum. Dia disangka melanggar Pasal 12 huruf b atau Pasal 5 ayat (2) jo. Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. UU No 20 Tahun 2001.


(LDS)