Kemendagri Laporkan Insiden Penyerangan dan Perusakan

Deny Irwanto    •    Rabu, 11 Oct 2017 23:32 WIB
penyerangan kantor kemendagri
Kemendagri Laporkan Insiden Penyerangan dan Perusakan
Ilustrasi Gedung Kementerian Dalam Negeri. ANT/Muhammad Adimaja.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi melaporkan insiden penyerangan dan perusakan yang dilakukan kelompok pendukung salah satu calon bupati dalam Pilkada Tolikara.

Laporan yang dibuat tertera dalam laporan polisi nomor: LP/4923/X/2017/PMJ/Dit. Reskrimum. Namun, perwakilan Kemendagri enggan memberikan keterangan usai membuat laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penyidik masih melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

"Berkaitan dengan kasus sore tadi di Kemendagri, tentu kepolisian sedang tangani kasus itu. Ada 15 orang kita amankan di Polda Metro Jaya. Tentu penyidik akan riksa berkaitan dengan kasus tersebut," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu 11 Oktober 2017.

Sebanyak 15 orang yang ditangkap masih menjalani pemeriksaan intensif sebagai saksi dalam kasus ini. Penyidik, kata Argo, ingin mengetahui peran mereka dalam kasus penyerangan dan perusakan itu.

"Tentu kita mendalami perannya masing-masing. Kita profesional menangani kasus ini," jelas Argo.

Laporan yang dibuat pihak Kemendagri atas nama Endang Try Setyasih dengan terlapor masih lidik. Dalam insiden tersebut, pasal yang diduga dilanggar adalah tentang perusakan secara bersama-sama dan atau pengerusakan dan atau penghasutan, pasal 170 KUHP dan atau pasal 406 KUHP dan atau pasal 160 KUHP.

Sekelompok warga Tolikara, Papua, mengamuk di kantor Kementerian Dalam Negeri. Mereka marah karena tak bisa bertemu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Massa menggeruduk kantor Kemendagri untuk meminta penundaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara terpilih, Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo. Setelah menyusup ke dalam, mereka mengamuk sejadi-jadinya.

Mereka menumpahkan amarah dengan merusak berbagai fasilitas dan kendaraan yang terparkir di halaman Gedung A Kemendagri. Empat pegawai Kemendagri ikut menjadi korban.


(DRI)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA