Otto Hasibuan Mundur sebagai Kuasa Hukum Novanto

Damar Iradat    •    Jumat, 08 Dec 2017 11:41 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Otto Hasibuan Mundur sebagai Kuasa Hukum Novanto
Otto Hasibuan di KPK - Medcom.id/Damar Iradat.

Jakarta: Pengacara Otto Hasibuan mengundurkan diri sebagai kuasa hukum tersangka kasus dugaan korupsi KTP elektornik Setya Novanto. Otto ditunjuk jadi kuasa hukum tak lama setelah Novanto ditahan KPK. 

"Sekarang setelah saya tangani kasus ini, dalam perjalanannya, di antara kami dengan Setya Novanto, saya melihat belum ada kesepakatan yang jelas tentang tata cara penanganan satu perkara," kata Otto di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat, 8 Desember 2017.

Otto menuturkan tidak adanya kesepakatan itu akan menjadi kerugian bagi Novanto dan dirinya. Hal itu juga akan menyulitkannya untuk membela Novanto di persidangan.

Karena itu ia memutuskan mundur dari kuasa hukum Novanto. Soal pengunduran dirinya ini ia mengaku sudah menyampaikan secara langsung ke Novanto pada Kamis, 7 Desember 2017.

"Dan saya sampaikan, karena memang di antara kita belum ada tata cara yang pasti, maka saya mengatakan, saya tidak akan meneruskan menjadi kuasa hukum," tutur dia. 

Otto mengklaim sebetulnya Novanto memohon agar ia tetap menjadi salah satu kuasa hukum. Tapi, keputusan Otto sudah bulat. 

Ia mengatakan surat pengunduran dirinya telah dibuat kemarin. Namun, ia mengaku segan jika langsung memberikan surat tersebut ke Novanto.

Karena itu ia baru mendatangi KPK hari ini untuk memberikan surat pengunduran diri itu ke penyidik yang menangani perkara ini, Ambarita Damanik.  "Hari ini akan saya serahkan ke Setya Novanto, satu akan saya serahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi, khususnya penyidik ke Pak Damanik," tutur dia.

 


(REN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA