Alasan Tim 9 Desak KPK Tuntaskan Kasus Century

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 25 Sep 2018 21:17 WIB
bank century
Alasan Tim 9 Desak KPK Tuntaskan Kasus Century
Lima dari sembilan anggota Tim Sembilan, dari kiri: Muhammad Misbakhun, Maruarar Sirait, Bambang Soesatyo, Lily Wahid, dan Andi Rahmat. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Jakarta: Inisiator Panitia Khusus Angket Bank Century atau Tim Sembilan bertemu di DPR. Lima dari sembilan anggota yang hadir mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi menuntaskan kasus skandal Bank Century.

Lima anggota yang hadir dalam pertemuan itu di antaranya Maruarar Sirait, Muhammad Misbakhun, Lily Wahid, Andi Rahmat, dan Bambang Soesatyo. Mereka menilai kasus ini telah menyandera banyak pihak.

"Kita tidak mau jelang pilpres muncul lagi Century, kemarin 2014 muncul lagi. Ya sudah tuntaskan saja," kata Maruarar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 25 November 2018. 

Maruarar menegaskan pengusutan kasus ini murni objektivitas DPR sebagai lembaga pengawas pemerintah. Objektivitas itu dapat dilihat dari komposisi anggota pansus yang terdiri dari partai pendukung pemerintah dan oposisi.

"Bagaimana hak angket itu hak bertanya kepada pemerintah. Anggota DPR objektif meskipun partainya ada di pemerintahan," ujarnya. 

Baca: Tim 9 Desak KPK Tuntaskan Kasus Century

Maruarar menambahkan bukti penyelidikan kasus Bank Century sudah kuat. Bahkan telah melewati dua kali hasil investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

"(Kasus Century) jangan sampai ada meninggalkan pertanyaan dan dipolitisasi," tegasnya. 

Hal senada juga disampaikan anggota lainnya Lily Wahid. Lily menyebut Tim Sembilan tak ingin masyarakat melupakan skandal besar yang terjadi sepuluh tahun lalu ini.

"Kita berupaya kasus ini didorong kembali masalah hukumnya sehingga jadi jelas. Karena Century sudah memakan banyak korban terutama nasabah-nasabah. Dan Century berubah dengan bank nama lain. Sehingga untuk dilupakan itu sangat mungkin. Jadi kita ini bergerak kembali untuk menolak lupa," tegasnya. 

Ia tak ingin kasus pengungkapan Bank Century hanya sampai pada sosok Budi Mulya. Menurutnya, masih ada pejabat di atasnya yang bertanggung jawab atas kasus ini. 

"Saya yakin kalau kita sama-sama beritikad baik negeri ini, gayung ini akan disambut KPK. Sekali lagi kita menolak lupa," pungkasnya. 







(DRI)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

40 minutes Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA