Mempertaruhkan Nama Negara dalam Penanganan TPPU

Damar Iradat    •    Selasa, 29 Aug 2017 11:50 WIB
pencucian uangtppu
Mempertaruhkan Nama Negara dalam Penanganan TPPU
Menkopolhukam Wiranto sebelum memimpin rapat komite TPPU. Foto: MTVN/Damar Iradat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia akan menghadapi mutual evaluation review (MER) yang akan menilai kepatuhan terhadap Financial Action Task Force (FATF) on Money Laundering. Ini pertaruhan negara dalam penanganan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, jika bisa melalui ujian nama Indonesia akan ikut harum. Sebaliknya, jika tidak, berdampak bagi perkembangan ekonomi dan tatanan pergaulan di dunia internasional.

"Mari semua bekerja keras mematuhi rekomendasi yang ada. Sudah tak banyak lagi waktu untuk kita berbenah. Kita harus sudah siap dievaluasi," kata Wiranto di kantor PPATK, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Selasa 29 Agustus 2017.

Wiranto juga menjabat sebagai ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU. Dia memimpin langsung rapat dengan kementerian dan lembaga terkait di Kantor Pelapotan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk membahas masalah ini. 

Pertemuan berlangsung tertutup sejak pukul 10.00 WIB. Pertemuan juga dihadiri Ketua PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin serta 16 kementerian atau lembaga anggota Komite TPPU. 

Rapat membahas dua agenda penting. Pertama, pembahasan terkait kesiapan Indonesia menjadi anggota FATF on Money Laundering. "Kedua, penyampaian progress report atas pelaksanaan mutual evaluation review (MER)," kata Humas PPATK Natsir Kongah.

Dia menjelaskan, MER dilakukan oleh Asia Pacific Group on Money Laundring. Penilaian ditandai dengan kegiatan on-site visit tim assesor pada November 2017. Hasil penilaian MER itu nantinya ditetapkan pada kegiatan APG di Nepal pada Mei 2018.


(OGI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA