First Travel Bantah Investasi ke Pandawa Grup

Arga sumantri    •    Sabtu, 12 Aug 2017 12:15 WIB
ibadah umrahkemelut first travel
First Travel Bantah Investasi ke Pandawa Grup
Pemilik First Travel Andika Surachman (kiri). Foto: Metrotvnews.com/Suci

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengacara First Travel, Eggy Sudjana, membantah kalau kliennya berinvestasi di Pandawa Grup. Ia malah mengancam pihak-pihak yang masih menuding hal itu bakal dilaporkan ke kepolisian.

"Klien saya sudah jelas membantah hal itu. Tidak pernah Andika (Presiden Direktur First Travel) bilang," kata Eggy dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Agustus 2017.

Soal isi rekening yang nominalnya sedikit, Eggy tak bisa menjelaskan. Dia mengaku kalau pembahasan soal itu belum tuntas dijelaskan kliennya. "Termasuk konteks 30 ribu peserta yang belum berangkat. Ada statement yang 30 ribuan itu siap diberangkatkan," kata dia.

Sempat beredar kabar kalau dana umrah calon jemaah umrah First Travel diinvestasikan ke koperasi bermasalah, Pandawa Grup. Penyidik Bareskrim Polri juga masih menelusuri kemungkinan penggunaan dana umrah itu masuk ke Koperasi Pandawa.

Polisi juga menelusuri ke mana larinya uang jemaah umrah First Travel yang dikelola pasangan suami istri, Andika Surachman dan Anniesa Devitasari Hasibuan itu.

Baca: Problem di Balik Kasus First Travel

Badan Reserse Kriminal Polri Menangkap pemilik penyedia jasa umrah First Travel atas nama Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Suami-istri itu ditangkap karena diduga menipu calon jemaah umrah.

Kedua tersangka ditangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu 8 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Keduanya dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pemilik First Travel dilaporkan ke Bareskrim pada Jumat 4 Agustus 2017. Pelapor yang terdiri dari agen dan calon jemaah mengaku kecewa karena First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015.


(UWA)