Said: Demokrasi Harus tetap Dalam Koridor NKRI

Faisal Abdalla    •    Minggu, 16 Jul 2017 16:40 WIB
perppu pembubaran ormas
Said: Demokrasi Harus tetap Dalam Koridor NKRI
Ketum PBNU Said Aqil Siradj/MTVN/Faisal Abdalla

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menegaskan Pancasila sebagai dasar negara seharusnya tak lagi diperdebatkan. Said juga membantah anggapan sejumlah pihak yang menyebut Perppu No 2 Tahun 2017 tentang Perubahan UU No. 17 tahun 2013 tentang Ormas merupakan kemunduran demokrasi.

"Demokrasi kalau mengancam Pancasila, ini dasar negara yang kita bicarakan. Seharusnya tidak perlu diperdebatkan lagi. Demokrasi harus tetap dalam koridor NKRI dan Pancasila, tidak bisa semaunya," tegas Said usai menghadiri halalbihalal PP Muslimat NU di Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu 16 Juli 2017.  

Said menegaskan, setiap organisasi yang meremehkan apalagi mengancam Pancasila harus dibubarkan sedini mungkin. Pembubaran merupakan langkah antisipasi agar tak terjadi kekacauan di masa mendatang.

"Kalau (organisasi pengancam Pancasila) besar, nanti repot," ucap Said

Ia mengajak semua pihak merawat bangsa dengan menjaga nilai-nilai NKRI dan Pancasila yang telah diperjuangkan para pahlawan, baik dari kalangan nasionalis maupun kalangan ulama.

"Mari sayangi dan cintai Republik Indonesia ini. 120 kali pemberontakan terhadap Belanda dipimpin para kiai dan ulama. Darah Kiai dan Ulama tumpah untuk membela Republik ini. Jadi mari dirawat, dan dijaga" ujar Said.


(OJE)