Polri Incar Produsen 134 Kilogram Sabu di Medan

Ilham wibowo    •    Rabu, 06 Sep 2017 16:18 WIB
narkobanarkotika
Polri Incar Produsen 134 Kilogram Sabu di Medan
Ilustrasi: Bandar narkoba. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Polri mengincar produsen hingga distributor dari temuan 134 kilogram sabu di Medan, Sumatra Utara. Korps Bhayangkara memastikan kasus ini akan terus dikembangkan. 

"Pada prinsipnya kasus narkoba, akan kita cari siapa saja pemasok dan dari mana barang ini," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di kantornya, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 6 September 2017. 

Martinus mengungkapkan, hasil analisa menyebut sabu itu bukan dibuat langsung di Tanah Air. Pelaku yang tertangkap hanya berperan dalam mengolah dan mendistribusikan. "Bukan produk home industry, diolah di Indonesia," ujar dia. 

Dia optimistis, pelaku lainnya segera terungkap. Temuan barang bukti ratusan kilogram sabu tersebut dinilai sebagai pintu masuk guna mengungkap tuntas sindikat jaringan narkoba yang juga melibatkan warga negara asing. 

"Tidak hanya mereka yang tertangkap, ada juga bukti-bukti pengiriman kemudian distribusi pengiriman yang akan kita gali," ujar dia. 

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri bersama dengan Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap dua bandar narkoba, SPD alias Din dan AK alias Adek. Keduanya adalah bagian sindikat narkoba jenis sabu jaringan Malaysia-Aceh, Medan, dan Jakarta.

Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto mengatakan, SPD yang berperan sebagai kurir ditangkap di Jalan Platina Medan, Sumatera Utara pada Kamis 31 Agustus 2017. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan 134 kilogram Sabu.

Baca: Polisi Tangkap Dua Pengedar 134 Kilogram Sabu di Sumut

Setelah melakukan pengembangan, petugas melanjutkan penangkapan terhadap AK. Dia dicokok di Jalan Listrik Nomor 15 Petisah Tengah Medan pada Minggu 3 September 2017. "Peranan tersangka sebagai kurir dari Aceh ke Medan," pungkas Eko.

Selain mengamankan sabu, sejumlah barang milik tersangka juga turut disita petugas. Salah satunya tujuh unit mobil yang kini dititipkan di Polda Sumut.



(OGI)