Wali Kota Madiun segera Disidang

Damar Iradat    •    Selasa, 21 Mar 2017 12:10 WIB
kasus korupsi
Wali Kota Madiun segera Disidang
Wali Kota nonaktif Madiun Bambang Irianto/ANT/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Madiun non-aktif Bambang Irianto segera disidang. Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, berkas penyidikan terhadap Bambang telah rampung.

KPK telah melakukan pelimpahan tahap dua untuk Bambang kepada penuntut umum. "Siang ini rencananya dibawa ke Surabaya untuk dipindahkan ke Lapas Medaeng," kata Febri saat dikonfirmasi, Selasa 21 Maret 2017.

Sidang bakal digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya. Bambang bakal diadili terkait tiga kasus.

Kasus pertama yang membelit Bambang ialah dugaan korupsi dalam proyek pembangunan Pasar Madiun bernilai Rp76,5 miliar. Dalam kasus itu, Bambang disangkakan Pasal 12 huruf i atau Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang nomor 31 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001.

Perkara lainnya ialah penerimaan gratifikasi. Bambang disangkakan Pasal 12 huruf B Undang-Undang nomor 20 tahun 2001.

Terakhir, perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ia disangka Pasal 3 dan atau Pasal Undang-Undang nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan Tindak TPPU.

Terkait kasus TPPU, KPK sampai saat ini juga telah menyita enam aset tanah dan satu ruko milik Bambang. KPK juga menyita sejumlah uang dari rekening Bank Mandiri milik dia.

Tidak hanya itu, Lembaga Antirasuah juga sudah menyita aset lain milik Bambang, berupa mobil mewah dan sejumlah uang di rekening. Penyitaan aset tersebut terkait perkara dugaan penerimaan gratifikasi.


(OJE)