Bimanesh Tulis Diagnosa Novanto tanpa Pemeriksaan

Faisal Abdalla    •    Jumat, 23 Mar 2018 14:01 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Bimanesh Tulis Diagnosa Novanto tanpa Pemeriksaan
Bimanesh Sutarjo, terdakwa kasus merintangi penyidikan - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Medika Permata Hijau, dr. Michael Chia Cahaya mengaku, terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan KTP berbasis elektronik (KTP-el) Setya Novanto, masuk ruang VIP pascakecelakaan tanpa melalui pemeriksaan di IGD. Novanto dirawat pada 16 November 2017. 

Hal itu diungkapkan Michael ketika bersaksi di persidangan kasus merintangi penyidikan korupsi KTP-el dengan terdakwa dokter RS Medika, Bimanesh Sutarjo. Michael mengaku menolak permintaan mantan kuasa hukum Novanto, Fredrich Yunadi untuk dibuatkan surat rekomendasi rawat inap untuk kliennya dengan diagnosis kecelakaan mobil.

"Sekitar pukul 18.45 dokter Bimanesh datang, saya sampaikan ada permintaan dari Pak Fredrich terkait diagnosis kecelakaan mobil. Dokter Bimanesh saat itu menyarankan agar dilakukan sesuai prosedur saja," kata Michael di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat 23 Maret 2018.

Karena bersikeras tak ingin membuat rekomendasi rawat inap IGD Novanto dengan diagnosis kecelakaan, Michael menyarankan Novanto masuk ruang rawat inap VIP tanpa melalui IGD. 

"Dokter Bimanesh bilang ya sudah lewat Poliklinik saja. Dokter Bimanesh minta surat pengantar rawat inap di meja IGD," tukas Michael.

Michael mengatakan saat itu Bimanesh menulis dalam surat rawat inap Novanto dengan diagnosis Hipertensi, Diabetes Melitus, dan Vertigo.

"Dokter Bimanesh bilang nanti pasiennya (Novanto) langsung naikin saja (ke ruang VIP), Saya tunggu di lantai 3. Nanti itu surat rawat inapnya dikasihkan ke supervisor dan Suster Nana," ungkap Michael.

Ketika Novanto datang sekira pukul 18.30 WIB, Michael mengungkapkan ia sempat didatangi satpam rumah sakit yang meminta bantal dan selimut. 

"Security bilang mau pinjam selimut dan bantal. Setya Novanto datang jam setengah 7 kurang. Itu kata security waktu dia mau pinjam bantal dan selimut," ujar Michael.

Michael lalu memerintahkan seorang suster membawa langsung Novanto ke ruang VIP di lantai 3 sesuai arahan dari Bimanesh.

Dalam perkara ini dokter Bimanesh Sutarjo ditetapkan sebagai tersangka merintangi penyidikan kasus korupsi KTP-el karena memanipulasi data medis Novanto untuk menghindari pemeriksaan KPK pada November 2017 silam. 

Bimanesh disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA