Seorang Warga Tertembak di Tembagapura

Faisal Abdalla    •    Senin, 13 Nov 2017 15:53 WIB
kelompok bersenjata di papua
Seorang Warga Tertembak di Tembagapura
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Seorang warga tewas tertembak di Tembagapura, Papua. Korban tewas bernama Martinus Waker. 

Informasi itu dibenarkan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto. Setyo mengatakan, informasi penembakan tersebut diterimanya pada Kamis 9 November 2017. 

"Saya dapat laporan ada seorang yang dilaporkan oleh keluarganya hilang. Kemudian dihubungi melalui sambungan telepon ditanya posisinya di mana, lalu terdengar suara tembakan. Setelah itu tidak bisa dihubungi lagi. Ternyata setelah dilakukan penyisiran, betul ada di posisi tersebut dan sudah meninggal, namanya Martinus Waker" ujar Setyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin 13 November 2017. 

Meski begitu, Setyo belum dapat memastikan Martinus tewas ditembak anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau bukan. "Siapa yang nembak, masih belum tahu," ujar Setyo. 

Sampai saat ini, Setyo mengatakan pihak kepolisian belum mendapatkan akses untuk masuk ke lokasi penyanderaan di sekitar Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura, Jayapura, Papua. KKB memblokir jalan masuk ke lokasi penyanderaan. 

"Jalan di sana dilubangi jadi tidak bisa melintas. Istilah di sana kan dipalang, dila," imbuh Setyo.
 
Sekitar 1.300 orang warga Papua dan pendatang disandera KKB sejak tiga hari lalu. Mereka yang disandera bermukim di sekitar Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura, Jayapura, Papua.

Hingga kini, kawasan yang menjadi lokasi penyanderaan sudah dijaga oleh 200 personel Satuan Tugas Terpadu yang terdiri dari anggota TNI dan Polri.

Dihubungi terpisah, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal menyebut kejadian berlangsung pada Selasa, 7 November 2017. Jasad Martinus diketemukan keluarga pada 9 November 2017. 

(Catatan: Sebelumnya berita ini berjudul 'Seorang Sandera di Tembagapura Tewas Tertembak') 

 


(REN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

22 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA