Pejabat Pemprov Sulsel Tertangkap Tangan Korupsi

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 29 Dec 2017 00:40 WIB
korupsiott
Pejabat Pemprov Sulsel Tertangkap Tangan Korupsi
Polisi menunjukan barang bukti hasil OTT pejabat Pemprov Sulsel. Foto: Medcom.id/Andi Aan Pranata

Makassar: Aparat Direktorat Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menangkap Kepala UPTD Balai Pelayanan Logistik di Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Nur Asikin dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Makassar, Kamis 28 Desember pagi. Tersangka diduga korupsi karena tidak menyetorkan uang sewa gedung Celebes Convention Center (CCC) milik Pemprov ke kas daerah. 

Asikin ditangkap di kantornya usai bertransaksi dengan seorang kontraktor pelaksana bernama Malik Arif. Malik disebut mengantarkan langsung uang dalam bentuk tunai.

“Ditemukan barang bukti berupa uang senilai Rp350 juta di ruangan kepala UPTD dan di ruangan staf sebesar Rp83,6 juta. Totalnya Rp433,6 juta,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani saat dihubungi Kamis, 28 Desember 2017. 

Selain uang tunai, dari ruangan Malik, Polisi menyita sejumlah dokumen sebagai alat bukti. Di antaranya buku rekening Nur Asikin, dokumen penyewaan gedung CCC, dokumen setoran sewa, serta dokumen SPK. 

Dicky menjelaskan, Asikin selaku kepala UPTD juga diduga menyalahgunakan APBD. Dengan wewenangnya, dia memutuskan sejumlah proyek kegiatan penunjukan langsung kepada kontraktor rekanan. Sebagai imbalan, dia ditengarai menerima upah berupa 65 persen dari nilai kontrak.

“Setelah dipantau, dia diketahui memotong sendiri setiap nilai kontrak dari proyek penunjukan langsung,” ujar Dicky.

Penyidik Polda Sulsel masih mengumpulkan keterangan dua tersangka yang ditangkap. Kasus ini juga masih dalam pengembangan, dan menurut Dicky, tak menutup kemungkinan menyeret  tersangka lain. 

Tersangka dijerat Undang-undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman di atas 4 tahun penjara.


(DMR)