Rita Mengoleksi Berlian

Damar Iradat    •    Rabu, 25 Apr 2018 18:03 WIB
gratifikasigratifikasi bupati kutai rita widyasari
Rita Mengoleksi Berlian
Bupati nonaktif Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari - MI/Susanto.

Jakarta: Bupati nonaktif Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari mengaku mengoleksi sejumlah berlian. Menurut Rita, koleksi berlian tersebut merupakan warisan pemberian ayahnya, Syaukani Hasan Rais.

Rita yang dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Heri Susanto Gun alias Abun menyebut, berlian koleksinya disimpan di Tenggarong, Kukar, Kalimantan Timur. Ia sengaja menyimpan berlian tersebut di brankas miliknya.

"Saya punya banyak berlian, Yang Mulia. Dikasih Bapak," ujar Rita di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 25 April 2018.

Rita menyebut berlian itu dibagi dua dengan kakaknya ketika ayahnya ditangkap KPK. Dari keterangan Rita, berlian peninggalan ayahnya besar-besar.

Sebelumnya, dalam persidangan, hakim sempat mempertanyakan soal tas berisi uang serta bungkusan kantong berisi berlian. Pasalnya, dalam sidang sebelumnya, Kepala Bagian Administrasi Pertanahan Setda Kabupaten Kukar Ismed Ade Baramuli ketika bersaksi menyebut Abun sempat memberi berlian kepada Rita.

(Baca juga: Rita Widyasari Bantah Bentuk Tim Pengumpul Duit Gratifikasi)

Rita langsung membantah kesaksian tersebut. "Itu tidak benar, Yang Mulia. Saya tidak menerima tas dan kardus," tegas dia. 

Rita juga membantah pemberian uang Rp6 miliar dari Abun merupakan transaksi suap agar Rita memberikan izin lokasi perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru kepada PT Sawit Golden Prima. Uang itu, menurutnya hasil transaksi jual beli emas dengan Abun. 

"Kalau yang Rp1 miliar itu jual beli emas, kalau yang Rp5 miliar itu saya enggak tahu, dan memang antara saya dan pak Abun itu bukan suap, itu jual beli emas," tutur dia. 

Rita sebelumnya didakwa menerima suap senilai Rp6 miliar dari Direktur Utama PT Sawit Golden Prima Hery Susanto Gun alias Abun. Uang tersebut diduga merupakan imbalan terkait pemberian izin lokasi perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru kepada PT Sawit Golden Prima. 

(Baca juga: Rita Mengagunkan Emas 15 Kg ke Abun untuk Pinjam Uang)




(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA