Jazuli tak Penuhi Panggilan KPK

Surya Perkasa    •    Kamis, 10 Aug 2017 18:33 WIB
korupsi e-ktp
Jazuli tak Penuhi Panggilan KPK
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnew.com, Jakarta: Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini tak memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jazuli seharusnya diperiksa terkait kasus KTP elektronik (KTP-el) yang menjerat Ketua DPR RI Setya Novanto.
 
“Saksi Jazuli Juwaini tidak hadir," kata Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (Kabag PIKP) KPK,  Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 10 Agustus 2017.

Baca: Jazuli: Pembahasan KTP-el Bukan di Era Saya

Yuyuk mengatakan, Jazuli  beralasan sedang melakukan kunjungan kerja di luar negeri. Jazuli sudah mengirimkan surat alasan resmi.
 
Penyidik KPK terus menggali informasi soal keterlibat Novanto dalam kasus yang dinilai BPKP telah merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. Jazuli diduga menikmati uang bancakan dari proyek ini. Dia dan sejumlah ketua fraksi dari partai lain diduga menerima USD37 ribu untuk memuluskan proses penganggaran.
 
KPK menetapkan Novanto sebagai tersangka berdasarkan fakta persidangan dengan dua terdakwa Irman dan Sugiharto. Berdasarkan fakta persidangan, korupsi KTP-el diduga telah direncanakan sejak proses percanaana yang terjadi dalam dua tahap, penganggaran dan proses pengadaan barang dan jasa.

Baca: Jazuli Bantah Terlibat Korupsi KTP-el
 
Novanto merupakan tersangka keempat dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu. Atas perbuatannya, Novanto dijerat Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.




(FZN)