Kejagung Kebut Berkas Tersangka Suap Pajak

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:30 WIB
korupsi pajak
Kejagung Kebut Berkas Tersangka Suap Pajak
Jaksa Agung HM Prasetyo--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung hingga kini masih memproses berkas kasus dugaan penerimaan suap penjualan faktur pajak dengan tersangka AP, PNS pajak KPP Madya Gambir dan JJ Eks PNS Pajak KPP Madya Jakarta Selatan. Mereka diduga menerima suap Rp14 miliar.

"Akan secepatnya diselesaikan berkas perkaranya," kata Jaksa Agung M prasetyo di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 15 September 2017.

Prasetyo menegaskan, AP dan JJ telah ditahan. Telah cukup bukti untuk dilakukan penahanan. Saat ini, diapun juga menunggu penyelesaian berkas perkara agar bisa segera dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.

"Yang lain-lain dalam proses, kita inginkan semua itu akan terpenuhi bagaimana yang ditentukan undang-undang," tandasnya.

Baca: Kejati DKI Tahan 3 Tersangka Kasus Faktur Pajak

AP dan JJ diketahui ditahan di Rumah Tahanan Salemba cabang Kejaksaan Agung, Jakarta, hingga dua puluh hari ke depan. Yakni sejak 11-30 September 2017. Adapun surat penahanan tersebut bernomor Print-24/F.2/Fd.1/09/2017.

Kejagung menahan AP lantaran dikhawatirkan akan merusak barang bukti atau menghilangkannya. Tersangka AP disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a, Pasal 12 huruf b, Pasal 12 B, dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999.

Baca: Kejagung Tetapkan Tersangka Baru Kasus Dugaan Suap Pejabat Pajak

Sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 KUHP. AP diancam pidana lebih dari 5 tahun sehingga penyidik memilih menahannya.


(YDH)