Enam Saksi Dipanggil untuk Gali Keterlibatan Novanto

Damar Iradat    •    Rabu, 16 Aug 2017 11:13 WIB
korupsi e-ktp
Enam Saksi Dipanggil untuk Gali Keterlibatan Novanto
Lambang KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil sejumlah saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Ada enam orang yang diagendakan bakal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto.

"Keenam orang itu akan diperiksa dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 16 Agustus 2017.

Keenam saksi tersebut antara lain mantan Direktur Keuangan SDM dan Umum Perum PNRI Deddy Supriadi, PNS Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Dwi Puspita Rini, Marketing Advisor PT Selaras Konin Pratama Shin Cheon Ho, serta Direktur PT Cisco Systems Indonesia Charles Sutanto Ekapradja. Selain itu, Haji Onny Hendro Adhiaksono dan Heldi dari pihak swasta, 

Dari keenam saksi tersebut, Deddy dan Charles tercatat sudah beberapa kali diperiksa. Mereka diperiksa sebagai saksi baik untuk Irman dan Sugiharto, maupun Andi Agustinus alias Andi Narogong.

KPK menetapkan Setya sebagai tersangka pada 17 Juli 2017. Ketua DPR RI itu adalah tersangka keempat dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu.

Baca: ?KPK akan Lakukan Pemeriksaan Internal Terkait Pernyataan Miryam

Atas perbuatannya, Setya diduga melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sebelum Novanto, KPK juga telah menetapkan dua tersangka dari pihak eksekutif, yakni dua pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto. Baik Irman dan Sugiharto telah divonis bersalah oleh hakim.

Dari pihak swasta, KPK menetapkan Andi Agustinus alias Andi Narogong sebagai tersangka. Andi diduga berperan banyak dalam kasus ini, termasuk mengatur proses tender, hingga ke lobi-lobi anggota dewan.




(OGI)

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

56 minutes Ago

Usai menjalani pemeriksaan awal di KPK, tersangka kasus korupsi KTP-el Setya Novanto ditempatka…

BERITA LAINNYA