Besok, Polisi Bongkar Kuburan Korban Persekusi

Deny Irwanto    •    Senin, 11 Sep 2017 11:19 WIB
pembunuhan
Besok, Polisi Bongkar Kuburan Korban Persekusi
Ilustrasi: Mayat. Foto: MTVN/Rakhmat Riyandi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya akan membongkas kuburan Abi Qowi, 22, yang tewas dikeroyok di toko vape, di Tebet, Jakarta Selatan. Pembongkaran dilakukan Selasa 12 September 2017, di Tempat Pemakaman Umum Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Rencana Selasa akan dibongkar kuburan dan dilakukan autopsi, mencari tahu indikasi tindak kekerasan yang menyebabkan korban meninggal dunia," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F. Kurniawan saat dikonfirmasi, Senin 11 September 2017.

Semenjak korban dikebumikan pada 3 September, polisi sulit mendapat bukti tindak kekerasan yang dilakukan pelaku. Sementara itu, pihak korban baru membuat laporan setelah mengetahui ada rekaman persekusi oleh pelaku. Saat itu, korban sudah dikebumikan. 

Hendy menambahkan, polisi juga tidak mendapatkan bukti-bukti pemeriksaan media dari dua rumah sakit mengenai penyebab kematian Abi. "RSUD Tanah Abang dan RS Tarakan hanya catat rekam medis, tidak mengeluarkan penyebab kematian korban," jelas Hendy.

Abi Qowi, 20, tewas di tangan pemilik toko vape, lantaran diduga mencuri rokok elektrik seharga Rp1,6 juta. Abi jadi korban persekusi, padahal antara para pihak sudah sepakat menempuh jalur kekeluargaan. 

Empat tersangka sudah ditahan. Mereka adalah Rajasa Sri Herlambang, 34; Fachmi Kurnia Firmansyah, 39; Armyando Azmir, 49; dan Aditya Putra, 20; yang ditangkap pada 7 September 2017, sekitar pukul 22.30 WIB. 

Baca: Pelaku Persekusi Kadung Emosi saat Interogasi Abi

Polisi, baru saja menangkap tersangka kelima, berinisial PA. Sampai saat ini, polisi masih mencari dua tersangka lain yang masih buron. 

Alat bukti berupa satu tongkat besi, pakaian pelaku saat mengeroyok, satu ponsel yang digunakan untuk merekam pengeroyokan sudah disita. Para pelaku dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang Pengeroyokan dan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.


(OGI)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

2 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA