Kasus Reklamasi Teluk Lampung, Wali Kota Bandar Lampung Diperiksa

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 18 Oct 2016 21:22 WIB
reklamasi
Kasus Reklamasi Teluk Lampung, Wali Kota Bandar Lampung Diperiksa
Masyarakat menolak reklamasi. Foto: Antara/Dhoni

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung kini tengah mengusut kasus dugaan korupsi perizinan reklamasi Teluk Lampung. Tim penyelidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung dikerahkan untuk menyelidiki proyek itu.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung M. Rum mengatakan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. kini sedang diperiksa. 

"Iya, yang bersangkutan masih dimintai keterangan. Masih berjalan dan yang bersangkutan hadir memenuhi panggilan," beber M. Rum di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016). 

Rum melanjutkan, Herman dimintai keterangan lantaran diduga mengetahui dan menandatangani perizinan reklamasi Teluk Lampung. Meskipun masih dalam penyelidikan, pihaknya berjanji bakal terbuka dalam mendalami kasus tersebut.

"Nanti perkembangannya diinformasikan," kata dia. 

Sementara itu, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Arminsyah menuturkan penyelidikan bakal terus dilakukan meskipun diketahui reklamasi teluk tersebut tengah dihentikan sementara. 

"‎Ya, kita kaji terus dan kita evaluasi, apakah itu termasuk kebijakan yang seperti dikatakan Presiden atau tidak," ucap Arminsyah. 

Selain meminta keterangan Herman, tim penyelidik pidana khusus pun telah meminta keterangan sejumlah pihak yang diduga mengetahui perihal perizinan reklamasi Teluk Lampung. 

Sejumlah pihak yang dimintai keterangan antara lain pejabat Pemkot yakni Asisten I Bidang Pemerintahan Dedi Amrullah, Kabag Pemerintahan Syahriwansyah, dan Kepala Bappeda yang merupakan mantan Kadis PU Kota, Ibrahim.


(LDS)