Coba Kacaukan Unjuk Rasa, 9 Orang Ditangkap

Damar Iradat    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:27 WIB
terorisme
Coba Kacaukan Unjuk Rasa, 9 Orang Ditangkap
Anggota Densus 88 Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di rumah terduga teroris di Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jumat 18 November 2016. Antara Foto/Risky Andrianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi menangkap sembilan orang yang diduga anggota ISIS. Mereka coba menyusup, mendompleng, dan membuat teror pada aksi damai Jumat 4 November.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, jauh hari sebelum Jumat 4 November, mereka merencanakan aksi teror. "Mereka berniat membuat kegaduhan," kata Boy Rafli di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2016).

Selain mendompleng aksi massa, lanjut Boy, mereka berniat mengambil senjata api dari petugas saat unjuk rasa berlangsung. Hal itu tidak terlaksana, karena petugas yang menjaga unjuk rasa tidak dibekali senjata api.

Sembilan orang yang ditangkap, yakni Solihun alias Abu Musaibah. Solihun diduga berperan aktif mendukung ISIS dan menjadi fasilitator warga Indonesia yang ingin ke Suriah.

Alwandi alias Aseng mengikuti berbagai pelatihan teror dan berencana membuat teror di Indonesia. Reno Suharno membantu warga Indonesia berangkat ke Suriah dan menjemput saat kepulangan.

Dimas Adi Saputra, disebut anggota tim, merancang pelatihan, dan berencana mengacaukan aksi 4 November. Wahyu Widada berperan dalam proses pelatihan.

Ibnu Aji Maulana sempat mengikuti pelatihan bersama. Dia juga menyiapkan misi untuk membuat wilayah Indonesia sebagai Daulah Islamiyah atau ISIS.

Fuad alias Abu Ibrahim anggota kelompok ISIS dan menyiapkan warga Indonesia berangkat ke Suriah. Kemudian, Zubair diduga mengikuti kajian khilafah yang dipimpin Fauzan Al-Anshar.

Terakhir Agus Setiawan. Agus berperan mengurus pembuatan paspor, akta kelahiran, kartu keluarga, dan kartu tanda penduduk palsu.

"Agus mengaku sudah memberangkatkan sekitar 26 orang ke Suriah," ujar Boy.


(TRK)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

34 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA