Bukti Ada Pendompleng Unjuk Rasa 4 November

Damar Iradat    •    Sabtu, 26 Nov 2016 16:23 WIB
terorismeunjuk rasa
Bukti Ada Pendompleng Unjuk Rasa 4 November
Unjuk rasa. Antara Foto. M. Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Isu pendompleng saat unjuk rasa Jumat 4 November bukan omong kosong. Polri membuktikannya setelah menangkap sembilan orang yang diduga anggota ISIS.

Mereka coba menyusupi aksi ribuan orang di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, lalu membuat kegaduhan. "Kelompok ini bermain di air keruh," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2016).

Menurut Boy, yang ditangkap baru sebagian. Ia yakin masih ada yang punya agenda terselubung, ikut aksi massa agar tidak dicurigai polisi.

Sembilan orang yang ditangkap ini belum terdeteksi punya hubungan dengan pedemo 4 November. Polisi baru bisa memastikan sembilan orang ini melihat unjuk rasa 4 November momentum pas untuk beraksi.

"Karena salah satu tujuan mereka merebut senjata petugas," tutur dia.

Dengan terbuktinya isu pendomplengan, Polri akan memperketat pengamanan jelang aksi massa Jumat 2 Desember. Antisipasi pergerakan kelompok radikal jadi fokus utama.

"Kami selalu lakukan upaya kewaspadaan dengan cara tanpa diketahui publik, kami selidiki aspek-aspek lain, termasuk keterlibatan jaringan teror dalam aksi demonstrasi," pungkas Boy.

Klik: Coba Kacaukan Unjuk Rasa, 9 Orang Ditangkap


(TRK)